Ambon Dolo-dolo

Pengajian Rahmat deng Sagala Caritanya

AMBON DOLO-DOLO

Penulis: Rusdin Tompo (warga Makassar kelahiran Ambon)


Anak-anak skarang, kalau pi mangaji, dong pi mangaji di TPA (Taman Pendidikan Alquran) dengan metode Iqra. Dolo-dolo, katong mangaji di rumah biasa sa. Ustaznya pung murid relatif banyak, dengan metode pengajaran yang sederhana. Muridnya kebanyakan usia SD-SMA. Jadwal mangajinya pagi dan sore, bisa disesuaikan deng jadwal skola.

Secara garis besar, murid-murid terdiri dari anak-anak yang masih Quran kacil dan Quran basar. Quran itu, maksudnya Alquran. Yang Quran kacil juga terbagi atas anak-anak yang masih blajar alif ba ta, deng yang sudah juz Amma.

Ustaz seng langsung ajar anak-anak mangaji. Antua hanya ajar anak-anak yang mau pindah dari satu surah ke surah berikutnya. Juga ajar anak-anak Quran basar untuk mangaji lagu. Anak-anak yang masih Quran kacil akan diajar oleh anak-anak Quran basar, mirip pendekatan peer education.

Itu metode yang beta dapat waktu mangaji di Pengajian Rahmat, salah satu pengajian terkenal di Ambon era 70 sampe 80an. Pengajian ini terkenal karena banyak melahirkan Qari dan Qariah juara MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran).

Pemilik skaligus katong pung guru mangaji adalah Ustaz Ahmad Tjiu, peranakan Tionghoa. Antua pung umur waktu itu kira-kira 60an tahun. Antua pung postur agak tinggi basar, kulit putih barsih. Penampilannya biasa sa, pake songkok, kaos oblong putih merek Swan, deng sarung motif kotak-kotak, dilipa di atas mata kaki.

Pengajian ini berada di Waihaong, tepat di pinggir jalan. Jadi, akang ada di jalur angkot. Trayek Latuhalat -Amahusu, Air Salobar, deng LIN-III Tana Lapang Kacil (Talake) lewat situ. Beta yang tinggal di Air Putri, kalau naik oto ka tampa mangaji, iko trayek Air Salobar. Jarak dari rumah ka tampa mangaji mungkin 2 kilometer.

Kalo pi jalan kaki, beta lewat Waringin, ke arah Talake, jalan di depan kampus Sekolah Tinggi Theologia Gereja Protestan Maluku (STT GPM), yang nanti berubah jadi Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), tarus ka Waihaong. Kalo bajalang, lalu dapa buah tinta, beta biasa ambel makang. Buah tinta ini tumbuhan liar, tingginya 1 – 1,5 meter. Buahnya kacil, babulu halus, warna biru tua, mirip tinta. Akang pung rasa agak manis.

Biasa juga dapa pohong tampurung hutan, jenis tumbuhan merambat. Warnanya hijau muda, tapi kalau matang warnanya kuning kemerahan. Buahnya dibungkus semacam serabut tapi seng karas. Jadi gampang dibuka untuk diisap sarinya yang mirip buah markisa.

Bagitu sampe di tampa mangaji, di sabala kiri pintu ada tampa jual kue. Yang pung jualan itu, istrinya ustaz. Antua juga ajar mangaji untuk anak parampuang. Ada jualan di situ karena pengajian ini menerapkan jam kaluar maeng. Pada waktu istirahat, anak-anak boleh balanja. Tapi bagitu lia ustaz Ahmad Tjiu dari jauh, katong langsung manggurebe maso kombali mangaji.

Masuk pintu utama, dapa ruang tamu. Lalu di sabla kirinya, ada tampa mangaji anak laki-laki. Setelah ruang tamu, ada tampa mangaji anak parampuang. Parsis di depannya, ada kamarnya ustaz. Kamar ini dindingnya bersebelahan langsung dengan tampa mangaji  anak laki-laki. Jadi kalo anak-anak seng kedengaran suaranya mangaji, antua tinggal pukul dinding deng rotan sa, langsung samua basuara karas: bismillahirrahmanirrahim ….  Setelah tampa mangaji anak perempuan, ada dapur, lalu ada ruangan-ruangan lain, tarus ke halaman blakang.

Mangaji di sini, dapa tamang dari mana-mana, deng kalakuang juga beda-beda. Anak-anak pi mangaji pake baju biasa, baju sehari-hari. Seng ada seragam. Ada yang pake calana panjang, ada juga pake calana pendek. Nanti di tampa mangaji baru dia pake sarung. Biasanya, sarung itu digulung bungkus Alquran, yang dipegang dengan cara dikepit di dada.

Seng samua anak-anak bawa pulang dia pung Alquran. Ada juga Alquran yang ditaro di tampa mangaji, yang disusun di atas rak-rak kayu. Dudukan tampa taro Alquran ada 2 macam. Ada yang berupa bangku kacil biasa, ada juga bangku berbentuk huruf X yang bisa dilipat.

Di dalam Alquran itu biasanya ada kalam, dari batang lidi atau dari batang pucuk bambu cina. Kalam ini diselipkan sebagai pembatas bacaan, selain berfungsi sebagai penunjuk saat mangaji.

Kalam dari bambu cina ini, seng samua anak-anak punya. Hanya anak-anak yang rumahnya dekat hutan bambu —yang kebetulan ada bambu cinanya— yang pake. Supaya bisa pung kalam seperti itu, ya titip, minta tolong dibawakan juga hehehe. Kalo seng pake kalam, mangajinya pake jari telunjuk.

Beta seng inga parsis, apakah ada iuran saat mangaji kaseng. Yang beta inga, kalau mangaji, lalu naik dari Quran kacil ke Quran basar itu anak-anak bawa rokok Gudang Garam kretek 2 bungkus. Kalo Quran basar maso, anak-anak Quran kacil pulang.

Saat Quran basar masuk inilah, katong mangaji lagu dibimbing langsung oleh ustaz Ahmad Tjiu. Katong mangaji pake mikrofon yang tasambung ke toa basar, yang dipasang di bubungan rumah. Meski su baumur, antua pung napas panjang bagus, deng suara bariton yang merdu. Antua pung talinga tajam. Antua koreksi katong pung tajwid kalo ada penyebutan lafaz yang kurang pas. Wajar kalau antua pung murid-murid juara MTQ.

Ada yang unik dari pengajian ini. Kalo seng maso mangaji, ada sanksinya. Istilahnya ‘naik kuda’. Jang salah, naik kuda itu ale dapa pukul pantat deng rotang jawa. Dibilang naik kuda karena orang yang kena sanksi itu dia bapegang di kursi, sadiki membungkuk, deng posisi pantat agak mendongak. Mirip joki kuda. Pukulan rotan sebanyak jumlah hari bolos. Bolos 1 hari, dapa pukul 1 kali, dan seterusnya. Kalo bolos di atas 7 hari, akang pung carita laeng lai.

Sanksi bagi anak yang bolos mangaji di atas 7 hari namanya “soam“. Soam ini bikin ngeri. Beta parnah lihat satu anak yang tangannya dapa soam, sampe dia takincing calana.

Cara kerja soam itu bagini. Ada rotang jawa 5 batang, mungkin masing-masing panjang 10-15 meter. Ujung-ujung bawahnya disatukan dengan tali, ujung satunya lagi dilobangi. Ada tali yang melewati lobang itu. Pada saat disoam, jari-jari anak yang terkena sanksi dijepit di antara rotan jawa itu. Rotan akan ditarik perlahan untuk memberi efek sakit. Setiap kali tarikan, si terhukum su pasti bataria karas-karas, saking sakitnya.

Nah, gara-gara takut dapa soam itu, beta bolos mangaji. Beta bajalang sa, barmaeng sandiri. Mulai dari Bioskop Kartika Beta di Pardeis sampe ke lapangan tenis di deka Markas Kodam XV/Pattimura (sekarang jadi Kodam XVI/Pattimura), nonton orang maeng tenis. Dari nonton itu, beta jadi tau cara hitung permainan ini.

Setelah itu, beta brenti mangaji di Pangajian Rahmat. Saat itu su Quran basar, tapi balong khatam. Lalu sempat iko mangaji di ustaz Khow, salah satu penceramah terkenal di Ambon era 80an. Ustaz Khow ini baku sudara deng Daeng Jipa pung paetua (suami), yang katong panggel antua Bapak Guru Jipa karena antua guru. Daeng Jipa itu, katong pung sepupu satu kali, antua tinggal di Kampung Banda.

Hanya sabantar mangaji di ustaz Khow, lalu pindah mangaji di Abang Rustam. Abang Rustam ini alumni Pengajian Rahmat juga. Suaranya agak serak tapi merdu. Maklum pernah jawara MTQ. Antua tinggal di Waihaong, tapi agak kadalam. Bersama Abang Rustam inilah, alhamdulillah, beta akhirnya bisa khatam Alquran. (*)

Gowa, 9 April 2022


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button