Ambon Dolo-dolo

Carita Mistis, Parcaya Seng Parcaya

AMBON DOLO-DOLO

Penulis: Rusdin Tompo (warga Makassar kelahiran Ambon)


Sejak kacil katong su dengar carita yang berbau mistik. Kadang, sangaja disampaikan untuk kasi tako katong. Misalnya, kalo lia botol kacil deng kaeng sapotong tagantong di pohon yang lagi babua. Itu artinya, ale jang sambarang kore deng ambel buanya. Bisa-bisa poro bangka (perut bengkak).

Botol kacil yang dililit kaeng merah tagantong di pohon itu, orang Ambon bilang akang matakao. Beta seng tau isinya apa saja. Seng parna pareksa to. Tapi karna su kasi inga bagitu, katong parcaya sa. Hikmahnya, katong jadi sadar supaya jang ambe orang pung barang tanpa izin. Kearifan lokalnya di situ.

Beta baru tao nih, ternyata matakao itu ada beberapa macam. Ada matakao tikus, yang bila orang pung hasil panen atau kebun itu dicuri maka pakaian di rumah si pencuri akan habis dimakan tikus. Ada lagi matakao yang biking kapala saki terus-menerus. Lebe parah itu matakao kincing darah (Hendra Wattimena, Kompasiana.com).

Matakao ini dikaitkan deng ilmu hitam. Seng samua orang tau akang. Ilmunya itu diwariskan secara turun-temurun. Konon, kalo ada yang kana matakao ini, maka jalan satu-satunya ale harus pi minta maaf ka pemilik pohon atau kebun itu. Nanti dibacakan mantra deng dapa kasi aer sebagai penawarnya. Makanya, jang sabarang hehehe.

Sadiki seram itu carita suwanggi/swanggi atau suanggi. Kayaknya, dolo-dolo itu diceritakan bukan untuk menghibur katong, seperti pendongeng yang lagi berkisah. Tujuannya memang kasi takotang orang, terutama ana kacil. Oee, awas… ada suwanggi di situ. Kira-kira kayak bagitu. Sapa seng tako, kalo suasananya juga kebetulan memang horor. Ikh….

Kamus Bahasa Melayu Ambon-Indonesia (1998), mengartikan suwanggi itu sebagai orang yang penuh ilmu hitam. Sedangkan suanggi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diartikan sebagai burung hantu, juga mengacu pada kepercayaan lama masyarakat suku Aru, atau roh jahat yang oleh suku Belu dipercaya selalu mengembara untuk memangsa manusia. Mungkin karna dipahami suwanggi itu mengembara, makanya dia bisa ada di mana-mana.

Suwanggi ini terkenal deng ditakuti karna ilmu hitam yang dia punya. Aksinya, konon dilakukan nanti kalo malam hari. Dia datang mirip bola api yang malayang-layang di atas ruma calon korban. Dia dipercaya bisa berubah bentuk jadi hantu parampuang dengan wajah menakutkan. Itu mungkin kalo, dolo-dolo, ada parampuang seng urus diri, muka menakutkan, dong bilang kayak suwanggi. Bisa lai hehehe.

Carita-carita mistis bagini kadang sudah dimitoskan. Menariknya, ada juga yang dikaitkan dengan tampa-tampa tertentu, atau toponimi. Ini misalnya, nama-nama tampa, seperti Kudamati, Gunung Nona, deng Batu Capeo. Ternyata, caritanya tasambong deng carita nene luhu. Ini makhluk misterius yang digambarkan pung kaki sabala sama seperti kaki manusia, sabalanya lagi berbentuk kaki kuda.

Dolo itu, beta inga, sebutan “nene luhu” dipake untuk kasi tako-tako anana yang barmaeng saat ujang panas. Orang tatua kasi inga, nanti nene luhu ambe (culik) baru tau rasa. Makanya, seng ada ana-ana yang barani barmaeng di luar ruma kalo ujang panas.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2 3Next page

Berita Serupa

Back to top button