Amboina

Yayasan Indah Kembali Salurkan 36 Hewan Qurban di Wilayah Maluku

potretmaluku.id – Yayasan Insan Cerdas Sejahtera (Indah) kembali menyalurkan bantuan hewan qurban kepada sejumlah pihak di Provinsi Maluku. Kegiatan sosial ini sudah menjadi agenda tahunan bagi mereka di yayasan itu.

Sebanyak 36 hewan qurban jenis sapi sudah disalurkan ke beberapa dusun maupun desa di wilayah Maluku, seperti di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng), Kota Ambon dan Seram Bagian Timur (SBT).

Pembina Utama Yayasan Indah, Hamra Samal kepada wartawan, Selasa (27/6/2023) mengaku, di tahun sebelumnya, pihaknya juga menyalurkan hewan qurban ke beberapa wilayah lain di Indonesia, yakni di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat,. Kemudian di pedalaman Jawa Timur, Jawa Barat, Aceh dan juga Batam.

“Dan untuk tahun ini, sebanyak 36 ekor sapi kita salurkan di Provinsi Maluku. Bantuan hewan qurban oleh Yayasan Insan Cerdas Sejahtera merupakan kegiatan rutin tahunan. Jadi kita rutin berbagi disetiap tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, sejak tahun 2007, Yayasan Indah sudah mengumpulkan hewan qurban dari berbagai donatur untuk disalurkan ke masyarakat, dan terfokus di kawasan Indonesia Timur.

“Sejak tahun 2007, kita sudah mengumpulkan hewan qurban dari berbagai donatur untuk disalurkan di kawasan Indonesia Timur, termasuk di Provinsi Maluku. Sebagian besar tersalur di SBB, Maluku Tengah, Kota Ambon, dan SBT,” katanya.

Dia mengatakan, pada Ramadhan 1444 Hijriyah kemarin, pihaknya di Yayasan Indah juga menggelar dakwah akbar di Halaman Masjid Al-Fatah Ambon, dengan menghadirkan salah satu ulama besar yakni, Ustad Buya Arrazy Hasyim.

“Kami juga hadir di IAIN Ambon bersama Ustad Buya Arrazy untuk mengisih kuliah umum, juga berdiskusi dengan para ulama di Swiss-Belhotel Ambon,” kata Wadirut Pelindo II ini.

Selain kegiatan itu, sambung dia, Yayasan Indah juga menyalurkan paket sembako, sarung kepada masyarakat di Kota Ambon dan 500 buah Al-Qur’an kepada masyarakat Negeri Hualoy, Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB, yang setiap tahun menggelar khataman 990 juz Al-Qur’an di malam 27 Ramadhan.

Terlepas dari warga muslim, pihaknya juga berbagi dengan masyarakat dari komunitas agama lain. Seperti menyalurkan bantuan untuk pembangunan gereja, dan bantuan sosial lainnya.

“Iya bukan saja untuk warga muslim, namun kami juga berbagi dengan warga dari agama lain. Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Ustad Abdurahman Tuanaya sebagai salah satu pihak penerima bantuan hewan qurban, mengapresiasi sikap sosial yang ditunjukan Yayasan Indah. Dia berharap langkah tersebut dapat membuka silaturahim antara pihaknya dan yayasan yang dinakodai Ahmad Ibra Lussy tersebut.

“Tentu kami sangat berterima kasih atas penyaluran bantuan ini. Semoga Pak Hamra dan Yayasan Insan Cerdas Sejahtera terus mendapat kebaikan dari Allah SWT,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Habiba Pelu, Ketua Pengurus Wilayah Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Maluku mengatakan, kegiatan tersebut merupakan momentum yang baroqah. Meski begitu, dia mengaku, Wadirut Pelindo II, Hamra Samal bersama Yayasan Indah sudah sering berbagai dengan masyarakat di wilayah Maluku.

“Jadi bukan baru kali ini saja, tetapi sudah berulang kali mereka berbagi dengan masyarakat,” katanya.

Mantan Anggota DPRD Maluku ini berharap, kedepannya Yayasan Indah terus berbagi dengan masyarakat, agar bisa membantu dan mengurangi beban ekonomi mereka.

“Semoga Pak Hamra Samal bersama Yayasan Indah tetap ada untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan mereka,” singkatnya.

Sementara Zainuddin Uar, Sekretaris PW NU Maluku mengaku, pihaknya hingga kini masih mendapat kepercayaan dari Yayasan Indah untuk menyalurkan bantuan yang diterima ke masyarakat.

Harapan besar PW NU Maluku, kata dia, adalah kepercayaan dan sinergitas yang selama ini dibangun bersama Yayasan Indah terus terjalin dengan baik.

“Kami juga mendoakan Pak Hamra dan Yayasan Indah agar diberikan kesehatan untuk terus berbagi dengan masyarakat. Sisi lain, sinergitas dan kepercayaan antara Yayasan Indah dan PW NU Maluku terus terjalin, sehingga kami bisa mendistribusikan apa yang sudah disalurkan,” harapnya.

Pantauan potretmaluku.id, pihak-pihak penerima bantuan hewan qurban yang selanjutnya nanti akan disalurkan kepada masyarakat, yakni PW Fatayat NU Maluku, Kelurahan Rumah Tiga, Madrasah Aliyah Negeri Batu Merah, Lembaga Dakwah Kampus Universitas Pattimura (LDK-Unpatti) Ambon, Kampung Tomia dan PW NU Maluku. (Nab)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button