Ekonomi & BisnisMaluku TengahPendidikan & Kesehatan

Polnam Bantu UMKM PKK Negeri Paperu Kembangkan Bisnis Berbasis Digital

POLITEKNIK NEGERI AMBON

potretmaluku.id – Menjawab perkembangan bisnis melalui platform digital yang semakin meningkat, seiring meningkatnya pengguna internet di dunia terutama di Indonesia, Politeknik Negeri Ambon (Polnam) melaksanakan Penerapan IPTEK Masyarakat Terapan (PIMT) E-Commerce Produk Unggulan di Negeri Paperu berbasis web terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan bagi UMKM Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Negeri (desa) Paperu, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah ini, digelar 18 hingga 22 Oktober 2022, melalui skema pengabdian kepada masyarakat.

Kepada potretmaluku.id, Senin (24/10/2022), Ketua Tim Pengabdi Masyarakat Polnam, Frangky Louth menyebutkan, platform digital telah menjadi salah satu sarana promosi produk, yang memiliki prospek sangat baik saat ini.

Baca Juga: Kualitas SDM Politeknik Negeri Ambon Tak kalah Dibanding Institusi Lain

E-Commerce yang merupakan model bisnis berbasis pada platform digital, saat ini telah menjadi media yang sangat membantu UMKM dalam memasarkan produk-produk mereka,” ujarnya.

Menurut Frangky, kajian Departemen Koperasi dan UKM tahun 2006 menyatakan bahwa, dalam pembangunan ekonomi di Indonesia UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peran penting.

“Oleh karena itu, pemanfaatan platform digital seperti website, diharapkan dapat membantu UMKM di Maluku, khususnya yang berada di Desa Paperu untuk berkembang dengan baik,” harapnya.

Negeri Paperu

Lebih lanjut, ia katakan, UMKM PKK Negeri Paperu telah berhasil membuat inovasi produk baru. Tetapi masih ada kelemahan pada produk tersebut, karena belum banyak dikenal di kalangan masyarakat.

Untuk proses produksi, distribusi, sampai pemasarannya pun, disebutnya, masih konvensional yakni dari penjual langsung ke pembeli, dan proses transaksi dalam jual beli dilakukan langsung di rumah Ketua PKK setempat.

“Padahal mereka memiliki produk-produk unggulan seperti selai gandaria, sirup gandaria, minyak VCO, kenari dance, kenari kriuk, anggur pala, sirup pala dan selai pala, yang memiliki potensi cukup besar untuk berkembang, sehingga dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Negeri Paperu”, paparnya.

Baca Juga: Politeknik Negeri Ambon Bentuk Satgas Penanganan Kekerasan Seksual

Hal senada juga disampaikan oleh Join Luturmas, Koordinator Program Studi D4 Administrasi Bisnis Terapan Polnam, bahwa berdasarkan hasil pengabdian tersebut, E-Commerce yang berbasis web dapat membantu UKM PKK Negeri Paperu dalam meningkatkan promosi dan pemasaran produk-produk unggulan yang dihasilkan, sekaligus berimplikasi pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Jadi peran internet di sini, kata dia, sangatlah penting karena dapat membantu UMKM PKK Negeri Paperu dalam mempromosikan produk-produk baru yang dihasilkan.

“Kegiatan ini dimulai dengan observasi terhadap website yang dimiliki Negeri Paperu, terutama template untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari UMKM PKK Negeri Paperu, kemudian dilakukan desain ulang khusus pada template pemasaran produk,” terangnya.

Baca Juga: Hasilkan Mahasiswa Berkompeten, LSP Politeknik Negeri Ambon Gelar Uji Kompetensi

Join juga mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan sejak Agustus sampai November 2022. Dalam kegiatan ini tim pengabdi  dari Polnam yang terdiri atas Frangky Louth, Join Luturmas, Stanley Ferdinandus dan Jurista Teterisa juga mendesain ulang kemasan pada produk yang dihasilkan dengan tujuan agar tampilan produk tersebut semakin menarik.

“Ini merupakan tanggung jawab kami Politeknik Negeri Ambon yang merupakan perguruan tinggi vokasi. Kami mempunyai komitmen untuk terlibat secara langsung dalam mengembangkan UMKM di Maluku,” pungkasnya.(TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button