AmboinaPendidikan & Kesehatan

Hasilkan Mahasiswa Berkompeten, LSP Politeknik Negeri Ambon Gelar Uji Kompetensi

potretmaluku.idPoliteknik Negeri Ambon (Polnam) dalam tantangannya untuk menyiapkan lulusan yang siap memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) mengemas kurikulumnya pada peningkatan knowledge, skill dan atitude.

Demikian pernyataan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Polnam, Berthy Pelasula, ST., MT. di sela-sela pelaksanaan Uji Komptensi bagi mahasiswa, di kampus Polnam, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kurikulum di Polnam harus teruji. Karena itu LSP Polnam memberikan ruang bagi setiap mahasiswa untuk diuji sesuai dengan skema kompetensinya, agar menjadi lulusan yang kompeten.

“Ini merupakan amanat negara kepada Polnam, sesuai UU Nomor 20 tahun 2003, untuk menyelenggarakan proses sertifikasi kompetensi terhadap mahasiswa semester akhir melalui LSP Polnam,” ujar Berthy.

Lebih lanjut ia katakan, ruang lingkup pengujian dilakukan dalam bentuk ujian tertulis, ujian lisan dan ujian observasi yang berlangsung di tempat Uji Kompetensi, simulasi pada unit kerja, peralatan, mesin maupun laboratorium.

Pendekatannya, disebut Berthy, sama seperti kondisi ideal pada tempat kerja, di dunia usaha dan Industri.

“Jika dalam uji kompetensi mahasiswa belum mampu menyelesaikan semua paket uji dengan tepat dan benar, maka dinyatakan Belum Kompeten (BK). Sedangkan yang sanggup melakukan dengan tepat dan benar dinyatakan kompeten (K), sehingga dapat diberikan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP Polnam,” sambung Berthy.

Baginya, jika setiap lulusan sudah dibekali dengan sertifikat kompetensi maka akan memudahkan mereka untuk bersaing di pasar kerja, yang merupakan kebutuhan dari setiap lulusan Polnam saat ini.

Uji Kompetensi yang dibiayai langsung oleh Ditjen Vokasi Kemendikbudristek ini digelar pada tanggal 15 hingga 19 Oktober 2022, diikuti 120 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu di Polnam.(*/AGS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button