Amboina

Launching Dua Unit Kesehatan Jadi BLUD, Wattimena Harap Pelayanan Lebih Humanis

potretmaluku.id – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena berharap pelayanan di Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen (AV) dan Puskesmas Rawat Inap Hutumuri lebih ditingkatkan.

Hal itu disampaikan saat melaunching Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen (AV) dan Puskesmas Rawat Inap Hutumuri menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Hotel Elisabeth, Senin (22/5/2023).

Wattimena berharap, dengan berstatus BLUD, kedua unit kesehatan tersebut bisa lebih inovatif, serta mengubah “wajah” pelayanan kepada masyarakat agar menjadi lebih baik.

“Tampilan harus berubah, tenaga kesehatannya harus betul-betul mau melayani, tidak lagi sangar, tetapi menjadi lebih humanis kepada masyarakat, tidak sulit ditemui, dan lain sebagainya,” kata Wattimena.

Menurutnya, ada dua tujuan utama yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam penetapan BLUD, yakni menciptakan kemandirian, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pertama, minimal bisa mengurus dirinya sendiri agar supaya tidak bergantung kepada pemerintah tetapi bisa membiayai dirinya sendiri. Yang kedua, peningkatan kualitas pelayanan, khusus di bidang kesehatan bagi masyarakat.

Jika sudah status BLUD, maka kedua unit layanan kesehatan ini tidak lagi bergantung pada Dinas Kesehatan Kota Ambon dalam pembiayaan dengan mekanisme yang panjang dan berbelit.

“Kadi setelah menjadi BLUD, bisa langsung ambil keputusan, tentu dengan mengikuti aturan yang berlaku. Tidak lagi bergantung pada Dinas Kesehatan lagi.,” terangnya.

Kata dia, meski telah mandiri, Pemkot Ambon tidak serta-merta lepas tangan terhadap kedua unit layanan kesehatan tersebut.

“Kita justru mendorong agar semua Puskesmas dibawah di Kota Ambon bisa mengikuti jejak, menjadi BLUD apabila telah memenuhi persyaratan,” ujarnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button