AmboinaNasionalPendidikan & Kesehatan

3 Siswi SMA dari Ambon Dapat Beasiswa Studi di AS Lewat Bina Antarbudaya

potretmaluku.id – Tiga (3) orang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Maluku, berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa Pertukaran Pemuda dan Studi (Youth Exchange and Study/YES) atau dikenal dengan Program YES, untuk mengikuti satu tahun pendidikan akademik di Amerika Serikat (AS).

Siswa program YES ini, bakal tinggal dengan keluarga angkat, mengikuti sekolah tinggi, terlibat dalam kegiatan sambil belajar tentang Amerika, memperoleh keterampilan kepemimpinan, dan membantu mendidik Amerika tentang negara dan budaya mereka.

Ketiga siswa SMA berprestasi asal Maluku ini yakni Maydee Penina Minerva Linansera yang adalah pelajar SMA Negeri 5 Ambon. Selanjutnya ada Cassarah Bertha Matakena pelajar SMA Negeri 1 Ambon dan Kezia Arabelle Tulalesy pelajar SMA Lentera Ambon.

Baca Juga: YBA Chapter Ambon Selesai Seleksi Daerah Peserta Program YES dan Kakehasi

Mereka bertiga terpilih bersama 70 pelajar lainnya di seluruh Indonesia untuk belajar ke Amerika Serikat, setelah mampu bersaing dan menyingkirkan ribuan siswa SMA lainnya di seluruh Indonesia.

Maydee, Cassie dan Kezia dinyatakan lolos dan berhak atas beasiswa belajar ke Amerika Serikat, setelah melalui seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh Yayasan Bina Antarbudaya yang bekerja sama dengan Kennedy Lugar Youth Exchange And Study (YES).

Kepada potretmaluku.id, Kamis (14/7/2022), Ketua Harian Bina Antarbudaya Chapter Ambon Zairin Salampessy, menyebutkan Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Baca JugaPerdana, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon Luluskan 2 Sarjana Migas

Sedangkan Bina Antarbudaya, lanjut dia, adalah organisasi pendidikan antarbudaya berbasis relawan, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan antarbudaya secara global.

Zairin menuturkan, Bina Antarbudaya juga bekerjasama dengan AFS Intercultural Programs, sebuah organisasi pertukaran antarbudaya terbesar di dunia yang beroperasi pada lebih dari 60 negara di lima benua.

Menurut dia Sejak tahun 1985, Bina Antarbudaya yang saat ini berada pada 20 kota (cahpter) di tanah air,  telah mengirimkan lebih dari 3000 siswa Indonesia dan menerima lebih dari 1500 siswa asing dari berbagai negara.

Baca JugaTerkait SDM Blok Masela, Polnam: Pemprov Harus Fasilitasi PT dengan Dunia Industri

Lebih lanjut terkait lolosnya 3 siswi dari Maluku ini, Zairin katakan, untuk seleksi tahap awal yang dilakukan oleh Yayasan Bina Antar Budaya Chapter Ambon, yang tahun ini diikuti siswa-siswi dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, papua dan Papua Barat, ketiganya berhasil menjadi yang terbaik dan lolos untuk selanjutnya mengikuti seleksi tingkat nasional yang diikuti ribuan pelajar SMA.

“Direncanakan ketiganya akan bertolak menuju Jakarta pada bulan Agustus nanti, guna bergabung dengan siswa-siswi SMA lainnya dari seluruh Indonesia, untuk selanjutnya akan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar di sana,” terangnya.

Baik Maydee, Cassie maupun Kezia merasa sangat bersyukur dan berterima kasih dapat meraih beasiswa belajar ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Pemuda Adat Honitetu Deklarasikan Sekolah Adat Nudua Siwa

“Kami sangat bersyukur atas apa yang kami capai ini, terima kasih Tuhan untuk semua yang kami raih. Ini juga menunjukan bahwa kami siswa SMA di Maluku mampu bersaing dengan siswa SMA seluruh Indonesia, ” tegas ketiganya kompak, kepada tribun-maluku.com dan potretmaluku.id, Rabu (13/7/2022).

Mereka bertiga yang baru saja naik ke jenjang kelas 3 ini, berbulat tekad untuk mengharumkan nama Maluku dan Kota Ambon, selama mengikuti pendidikan di Amerika Serikat.

“Selain belajar, kami juga akan tetap dan selalu memperkenalkan budaya Maluku kepada teman-teman sekolah kami di Amerika. Kami akan berusaha mempromosikan budaya dan keindahan Maluku,” ujar Maydee yang diamini Kezia dan Cassie.

Baca Juga: Forum Rektor Apresiasi Program Basudara Manise Polda Maluku

Menyinggung mengenai dukungan pihak sekolah atas prestasi yang diraih mereka, ketiga pelajar SMA ini mengakui pihak sekolah begitu mendukung ketiganya. Sedangkan mengenai dukungan pemerintah daerah, ketiga pelajar tersebut mengaku tidak tahu menahu.

“Terima kasih kepada orang tua kami, guru dan teman teman sekolah kami, pihak yayasan Bina Antarbudaya, tutor, dan semua pihak yang selama ini selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada kami, sehingga kami boleh meriah beasiswa belajar ke Amerika Serikat,” tutur mereka.(TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button