Maluku Tengah

Tim Pemulangan Warga Kariuw Terus Pantau Perkembangan Penanganan

potretmaluku.id – Koordinator Tim Penanganan Pemulangan Warga Negeri Kariuw dari Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah DR. Rakib Sahubawa S.Pi M.Si, yang ditunjuk Penjabat Bupati Maluku Tengah, DR. Muhamat Marasabessy SP, ST, M.Tech, Jumat kemarin (23/12/2022), memantau secara langsung penanganan pemulangan warga Negeri Kariuw.

Hal ini dilakukan Rakib, terkait upaya Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah yang terus berbenah, dalam rangka memenuhi kebutuhan warga Negeri Kariuw, yang akan dilakukan secara bertahap.

Dalam kunjungannya, Rakib didampingi oleh OPD yang berkaitan langsung dengan penanganan pemulangan warga Negeri Kariuw, guna menyiapkan sarana dan prasarana serta pelayanan kepada warga masyarakat Kariuw yang saat ini telah berada di negeri mereka.

“Pelayanan Kesehatan terus dilakukan melalui pembukaan tempat pelayanan berpusat di dekat Gedung Gereja Ebenhaezer Kariuw, yang dilakukan sejak pagi (kemarin) hingga saat ini,” ujar Rakib.

Tidak hanya kepada warga Kariuw, lanjut dia, pelayanan kesehatan juga dilakukan terhadap personil TNI POLRI yang bertugas di Negeri Kariuw.

“Pemenuhan kebutuhan anak-anak balita, juga menjadi perhatian Tim Penanganan Pemulangan Warga Kariuw, dengan menyediakan 118 dos makanan (SUN),” terangnya.

Sedangkan penyediaan air bersih, menurut Rakib, juga diupayakan oleh Tim Pemulangan Warga Kariuw, yang pada Jumat kemarin sudah melakukan pemasanmgan mesin pompa air, penyediaan tangki penampungan, serta pembuatan jaringan air pada tiga titik lokasi di Negeri Kariuw, yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Maluku Tengah.

“Selain itu, dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih, tim juga menyediakan mobil tanki air,” ungkapnya.

pemulangan pengungsi kariuw
Pemasangan tower air dan jaringan air oleh Tim Penanganan Pemulangan Warga Negeri Kariuw Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, di Negeri Kariuw, Jumat (23/12/2022).(Foto: Istimewa)

Lebih lanjut Rakib menuturkan, dirinya (pada Jumat kemarin), juga melanjutkan koordinasi Penjabat Bupati Maluku Tengah serta PLN Cabang Ambon dan PLN Ranting Pulau Haruku, guna penyambungan jaringan listrik dan pemasangan lampu pada rumah warga dan lampu jalan di Negeri Kariuw.

“Hal ini ditindaklanjuti pihak PLN Ranting Pulau Haruku, yang telah melakukan penambahan daya di Gedung Gereja Eben Haezer, serta penyambungan jaringan listrik di Pastori jemaat GPM Kariuw,” ungkapnya.

Rakib menyebutkan, dirinya bersama OPD terkait, juga sudah melakukan survei lokasi yang nantinya akan dibersihkan dan dilakukan pemasangan tenda keluarga, bagi warga masyarakat Negeri Kariuw.

“Hari ini (Jumat), telah tiba di Kota Ambon, bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa 100 lembar selimut, 100 lembar Kasur dan 100 unit tenda keluarga sesuai permintaan bapak Penjabat Bupati Maluku Tengah, dalam rangka pemenuhan kebutuhan warga Kariuw akan perumahan, sambal menunggu pembangunan rumah layak huni,” bebernya.

Diharapkan hari ini, Sabtu (24/12/2022), kata Rakib semua bantuan dari kementrian Sosial tersebut sudah berada di Negeri Kariuw.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah dalam hal ini Pj, Bupati Maluku Tengah berharap kiranya upaya ini bisa berjalan dengan baik” pungkasnya.

Di hari ini, Sabtu (24/12/2022), pekerjaan yang dilakukan tim antara lain meliputi :
1. Pelayanan kesehatan
2. Pembersihan lokasi dan pemasangan tenda warga
3. Pemasangan tower air dan jaringan Air
4. Pembersihan Bak Air.
5. Distribusi Air bersih ke rumah dan tenda warga
6. Pemasangan jaringan lampu.
7. Pembersihan rumah hunian warga.
8. Pendataan dan penyaluran bantuan kepada warga
9. Penyediaan Dapur umum
10. Verifikasi data kerusakan tanaman perkebunan.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button