Amboina

Pj. Walikota Sebut Tarif Angkot Naik 18 hingga 20 Persen

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon resmi sahkan penyesuaian tarif Angkutan Kota (Angkot) baru di Kota Ambon, Rabu (07/09/2022).

Penyesuaian tarif itu ditetapkan seiring naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar, Pertamax dan Pertalite secara nasional pekan lalu.

Pj. Walikota, Bodewin M. Wattimena usai upacara HUT Ke-447 Kota Ambon di Lapangan Merdeka Ambon menyampaikan, keputusan penyesuaian tarif angkot telah dibicarakan secara bersama dengan asosiasi Sopir Angkutan Kota Ambon (ASKA).

Kebijakan itu juga telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon

“Sebelumnya kita sudah di diskusikan dengan ASKA terkait penyesuaian tarif, dan DPRD pun menyetujui beberapa perubahan yang dilakukan,” kata Bodewin.

Dia mengaku, telah menandatangani Peraturan Walikota (Perwali) untuk penyesuaian tarif angkot di Ambon sejak Selasa malam. Penyesuian tarif itu mulai berlaku mulai hari ini.

“Kenaikan tarif angkot itu variatif, mulai 18 hingga 20 persen. Kami menjamin, tarif yang dinaikkan tidak jauh dari presentasi kenaikan harga BBM,” tutur dia.

Selain menggunakan rumus penetapan tarif sesuai Permenhub, pemkot juga mempertimbangkan tarif angkot berdasarkan jarak, dan juga medan jalan yang turut mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan.

“Jadi kita mempertimbangkan berbagai aspek. Kesepakatan penyesuaian tarif angkot ini diputuskan bersama DPRD sebagai representasi dari masyarakat,” ungkapnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button