Seram Bagian Timur

Pelantikan dan Rakerda Pengurus BKMT Dihadiri Bupati SBT

potretmaluku.id – Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, menghadiri dan membuka secara resmi Pelantikan serta Rapat Kerja Daerah Pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) masa bakti 2022-2027. Pelantikan dan Raker ini berlangsung di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Senin (30/1/2023).

Abdul Mukti Keliobas saat memberikan arahan, turut mengapresiasi jajaran Pengurus BKMT SBT atas terbentuknya organisasi dakwah Islam dengan visi misi yang cenderung mengarah pada peningkatan ketakwaan dan keimanan sosial masyarakat ini. Menurutnya, organisasi seperti ini tentu memiliki kualitas SDM yang berdaya saing dan berakhlak mulia.

“BKMT dalam pengorganisasian kelompok pengajian harus lebih terarah guna menjalankan program kegiatannya,” ujarnya.

Ia mengingatkan pengurus BKMT dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas keilmuannya, menyesuaikan dengan berbagai perkembangan jaman, sehingga secara mumpuni dapat menjalankan misi organisasi mejelis taklim dengan baik.

“BKMT merupakan salah satu pundak tempat kita semua berharap dan bersandar dalam ikut membangun sumber daya manusia Seram Bagian Timur yang berakhlakul karimah,” katanya.

Ia juga berharap, BKMT Kabupaten SBT bisa berkoordinasi dan sinergi dengan instansi terkait di pemerintahan, serta organisasi kemasyarakatan dan juga para penentu kebijakan lainnya.

Ketua Wilayah BKMT Provinsi Maluku Dr. Farida Mony menjelaskan, BKMT merupakan organisasi dakwah dan bersifat independen. Artinya organisasi ini tak terkait dengan organisasi politik maupun ormas Islam lainnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa BKMT merupakan organisasi dakwah yang tidak punya kaitan dengan organisasi politik manapun,” tegas Mony.

Dia mengatakan, meskipun BKMT baru didirikan di SBT, namun organisasi ini telah lahir sejak 40 Tahun lalu. Karena itu, BKMT diharapkan lebih mengutamakan dakwah internal dan eksternal. Selain itu harus menggerakan pemberdayaan anggota dan masyarakat, tentu dengan membentuk bidang-bidang ekonomi dan kesejahteraan umat.

Mony juga berharap, organisasi ini bisa berkembang dengan baik. Prinsipnya harus menata hati dan niat untuk menyiarkan perjuangan Rasulullah SAW, serta menyelesaikan berbagai permasalahan umat, khususnya dalam bidang dakwah dan pendidikan.

Sementara itu Ketua BKMT, Yulia Misa Keliobas merincikan, di Kabupaten SBT sendiri terdapat 160 Majelis Taklim. Seratusan lebih Majelis Taklim ini tercatat dan terdaftar pada Kementerian Agama.

Mereka terdiri dari, keterwakilan organisasi perempuan yang berada di SBT. Sehingga kedepannya, BKMT sebagai mitra Pemerintah Daerah mampu memebrikan kontribusi positif dalam pengembangan pemberdayaan kaum perempuan, khususnya di wilayah berjuluk Ita Wotu Nusa ini.

Ia juga mengajak seluruh anggota dan lapisan masyarakat, senantiasa bergandengan tangan membesarkan organisasi BKMT.

“Tujuan kita untuk mewujudkan masyarakat yang cinta Al-Qur’an, cinta akan Nabi Muhammad SAW juga untuk siar dan ukhuwah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu, Ketua Wilayah BKMT Provinsi Maluku Dr. Farida Mony, Forkopimda, para pimpinan OPD lingkup Pemkab SBT, serta majelis Taklim se-Kecamatan Bula. (Pot-M)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button