Pendidikan & KesehatanSeram Bagian Timur

Masyarakat SBT Telah Memiliki Akses Layanan Kesehatan Dasar yang Memadai

potretmaluku.id – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon HS Rumondang Pakpahan menuturkan, sebagian besar penduduk di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), saat ini telah memiliki akses layanan kesehatan dasar yang memadai.

Hal ini disebut Rumondang, terkait jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ ini, telah mencapai 130.855 jiwa atau 95,58 persen.

“Pemkab SBT menyambut baik capaian BPJS sebagaimana data tersebut. Capaian ini akan terus digalakkan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwairumaratu, Selasa (25/10/2022).

Menurut Jafar, capaian ini harus ditingkatkan untuk mempermudah masyarakat setempat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dengan capaian saat ini, tambah Rumondang, SBT mencatat capaian penting dalam program JKN di tahun 2022 ini dengan menjadi kabupaten yang berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Ia menuturkan, pencapaian UHC ini patut disyukuri, jaminan layanan kesehatan dalam program JKN ini merupakan jaminan kesehatan yang lengkap mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif, hingga rehabilitatif dan ini merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan masyarakat.

“Pemerintah menginginkan seluruh penduduk Indonesia terjamin dengan layanan kesehatan bermutu yang memadai dan tidak menimbulkan kesulitan bagi penggunanya secara finansial,” paparnya.

Ia menerangkan, tercapainya UHC di kabupaten yang dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur ini, merupakan hasil dari kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan di daerah itu.

“Saya berharap, capaian UHC ini akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan JKN sehingga seluruh penduduk di Kabupaten Seram Bagian Timur terlindungi program JKN,” tuturnya.

Dia katakan, tercapainya UHC merupakan hasil dari komitmen kuat dari seluruh pemangku kepentingan di SBT. Pihaknya juga berharap pencapaian ini diikuti oleh kabupaten/kota lain.

Sementara itu, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menegaskan, Pemerintah Daerah SBT berkomitmen akan terus berupaya untuk mendaftarkan masyarakat di daerah itu sebagai peserta JKN agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan.

“Kedepannya kami ingin seluruh masyarakat menjadi peserta JKN, karena pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian kami selaku pemerintah daerah sehingga mutu pelayanan kesehatan juga harus meningkat,” tegasnya.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button