Maluku Tengah

Bentrok Warga Ory Pelauw dan Kariu, IPPMAP: Tangkap Aktor Intelektual dan Pemilik Senjata Api Organik

potretmaluku.id – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) mendesak aparat kepolisian mengungkap dan menangkap aktor intelektual di balik bentrok warga Dusun Ory Negeri Pelauw dan Kariuw, di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Selain itu, mereka meminta pelaku pemembakan warga saat terjadi bentrokan itu juga, harus diungkap dan ditangkap. Diketahui, warga yang meninggal akibat terkena peluruh senjata organik.

”Termasuk pelaku penembakan terhadap salah satu anggota Polsek Pulau Haruku,” ujar Ketua DPP IPPMAP, Syarif Tuasikal dalam pernyataan sikap sebagaimana dikutip potretmaluku.id, Senin (31/01/2022).

Bentrok warga Dusun Ory Negeri Pelauw dan Negeri Kariuw, menurut Syarif, negara harus hadir dan segera menyelesaikan segala akibat yang terjadi pasca bentrok.

Sebab, kata dia, bentrok itu terjadi karena negara dianggap lalai dan lambat dalam merespon tuntuntan masyarakat.

Atas hal demikian, maka IPPMAP menyampaikan rasa duka yang mendalam serta turut berbelasungkawa kepada korban, baik meninggal maupun luka-luka akibat dari kejadian tersebut.

”Turut prihatin terhadap kejadian tersebut yang menyebabkan terbakarnya beberapa rumah-rumah warga,” ujar Syarif.

IPPMAP dan seluruh masyarakat Negeri Pelauw dan Dusun Ory, lanjut Syarir, sangat menyesalkan dan tidak menginginkan bentrok pada Rabu (26/1/2022) tersebut.

Bentrokan ini terjadi selain lambatnya negara untuk hadir dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi di masyarakat, IPPMAP menilai juga, merupakan akumulasi dari rentetan peristiwa intimidasi dan penyerobotan tanah ulayat yang bukan haknya.

“Guna menjaga situasi yang sudah kondusif pasca bentrok warga, semua pihak yang tidak berkepentingan dan tidak tahu terkait akar persoalan diminta untuk diam,” pinta mereka.(MBA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button