Amboina

Yusuf Wally Dukung Pemenuhan Hak bagi Kaum Disabilitas

potretmaluku.id – Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally mendukung pemenuhan hak kaum disabilitas di Kota Ambon. Hal itu disampaikan saat mengikuti diskusi tematik inklusi di Rumah Generasi Amaris, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, perhatian pemerintah terhadap kaum disabilitas masih minim. Padahal, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan yang lainnya. Namun masih dipandang sebelah mata hak-haknya

“Saya harap bisa mewakili disabilitas untuk memenuhi kebutuhan, hak, serta aspirasi bagi para penyandang disabilitas di Ambon,” kata Yusuf Wally.

Dia menyebutkan, syukur-syukur Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang disabilitas suda dalam proses pembahasan di komisi I DPRD Kota Ambon. Dan diharapkan ranperda tersebut secepatnya diselesaikan, agar bisa memberikan ruang bagi kaum disabilitas mendapatkan haknya.

Dengan begitu, lanjut dia, penyandang disabilitas dapat diberikan akses pada berbagai profesi seperti akademisi, perwakilan dari organisasi disabilitas dan lain-lain. Sebab, saat ini peraturan yang melindungi hak penyandang disabilitas masih lemah implementasinya.

“Saya berharap, setelah ranperda itu ditetapkan, penyandang disabilitas kedepan bisa sejajar dan setara dalam pemenuhan hak dan kewajiban,” ungkapnya.

Dikatakan, penyandang disabilitas mempunyai hak untuk hidup, bebas dari stigma, keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, kesehatan serta juga berpolitik.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak memandang kaum disabilitas sebelah mata. Namun harus menumbuhkan sikap empati jiwa sosial untuk membantu pemenuhan hak-hak mereka.

“Kita harus tumbuhkan sikap empati, bertindak adil serta menghormati, melindungi, dan menghilangkan semua stigma negatif terhadap kaum difabel agar kesetaraan itu terwujud secara nyata kepada mereka,” ungkapnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button