Amboina

Pemkot Diminta Berikan Atensi soal Minimnya Dokter Spesialis

pretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diminta menaruh perhatian terhadap minimnya dokter spesialis di Kota Ambon.

Anggota DPRD Kota Ambon, Harry Far-Far mengaku memang untuk Kota Ambon sendiri kekurangan dokter spesialis. Itu sebenarnya harus menjadi perhatian serius bagi pemkot.

Kata dia, berdasarkan pantauan DPRD, rata-rata dokter spesialis yang ada di Ambon itu berasal dari luar daerah. Padahal kalau mau jujur, sumber daya manusia (SDM) untuk bidang tersebut sebenarnya banyak.

“Kita punya banyak dokter muda. Kalau saja mereka difasilitasi oleh Pemkot, tentu masalah minimnya dokter spesialis tak akan ada lagi,” kata Far-Far, Rabu (30/11/2022)

Politisi Partai Perindo itu menyebutkan bidang kesehatan memiliki porsi tersendiri di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon.

Menurutnya, jika sekiranya dalam proses penganggaran masalah dokter diperhatikan dengan serius, maka kedepan Ambon tidak perlu lagi mendatangkan dokter ahli dari daerah lain.

“Saya minta, minimal dalam proses penganggaran, ini harus menjadi perhatian serius Pemkot Ambon,” tegasnya

Kalau memang biaya studi untuk para dokter spesialis kemahalan, maka jumlah dokter yang nantinya difasilitasi oleh pemkot bisa dikurangi. Artinya, per tahun itu paling tidak dua atau tiga dokter muda asal Ambon disekolahkan untuk mendapat gelar spesialis.

“Ini bisa kita bahas dalam anggaran khusus bidang kesehatan. Prinsipnya, harus berbuat daripada tidak sama sekali,” ujarnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button