Amboina

 Transisi PAUD ke SD di Ambon dengan Keseruan dan Potensi Anak-anak

potretmaluku.id – Pj. Wali Kota Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, merayakan transisi 900 peserta PAUD ke SD dengan penuh haru.

Dalam acara yang dihelat di Ballroom Maluku City Mall (MCM), kawasan Tantui, pada Sabtu (15/6/24) ini, Kaya menekankan pentingnya pendidikan yang mengembangkan kecerdasan dan potensi anak, tanpa membebani mereka dengan tuntutan baca tulis hitung (Calistung).

Menurut Kaya, pola baru pendidikan yang diterapkan akan membantu anak-anak menjadi cerdas dan mandiri, sesuai dengan potensi masing-masing.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang melarang tes Calistung saat masuk SD, menekankan pada penguatan transisi dari PAUD ke SD,” ujarnya.

Sementara Kepala Dindik Kota Ambon, F. Taso, menambahkan bahwa kebijakan tersebut didasari oleh Surat Edaran Dirjen Paud Dikdasmen Nomor 0759/C/HK/04.01/2023, yang menetapkan persyaratan usia minimal 7 tahun untuk transisi ke SD.

“Dengan demikian, pendidikan di Kota Ambon berfokus pada pengembangan potensi anak sesuai dengan perkembangan dan kemampuan mereka,” terangnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse dan Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK serta Bunda PAUD Kota Ambon, Dessy Kaya, menegaskan komitmen mereka terhadap pendidikan yang berorientasi pada pengembangan potensi anak-anak.

Dengan semangat ini, Kota Ambon menunjukkan komitmen kuatnya untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan menitikberatkan pada pengembangan penuh potensi anak-anak sebagai generasi penerus yang cerdas dan mandiri.

Transisi yang menyenangkan dari PAUD ke SD menjadi salah satu tonggak penting dalam mewujudkan visi ini, di mana setiap anak diarahkan untuk berkembang secara optimal sesuai dengan bakat dan minatnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button