AmboinaPolitik

Ririmasse : Hak Politik Penyandang Disabilitas Wajib Dipenuhi

potretmaluku.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon memberikan pendidikan pemilih bagi penyandang disabilitas melalui sosialisasi Peran Ormas dan Disabilitas dalam menyukseskan pemilu yang digelar bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Selasa (28/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Grand Avira Kota Ambon itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih kaum disabilitas pada Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Dalam kegiatan itu, para penyandang disabilitas diajak untuk turut berpartisipasi dalam pemilu 2024. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse.

Ririmasse dalam kesempatan itu mengatakan, meskipun konstitusi dan peraturan perundang-undangan sudah banyak yang mengatur regulasi aksesibilitas, namun penyandang disabilitas kerap mendapat kendala dalam menjalankan haknya.

“Pemerintah bertanggungjawab untuk memenuhi hak politik tanpa diskriminasi serta hak memperoleh fasilitas dan perlakuan khusus bagi penyandang disabilitas untuk mendapat kesempatan yang sama dalam menggunakan hak pilihnya di pemilu,” kata Ririmasse.

Dia menjelaskan, dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, yang dimaksud dengan persamaan kesempatan adalah kondisi yang memberikan kesempatan atau akses kepada penyandang disabilitas untuk menyalurkan potensi dirinya di segala aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Olehnya itu, sosialisasi penting untuk dilaksanakan agar dapat memberikan informasi kepada penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya.

“Hak politik penyandang disabilitas wajib dipenuhi, disamping hak dasarnya seperti pangan, sandang, dan lainnya,” katanya.

Dia berharap, para penyandang disabilitas bisa memahami tata cara pencoblosan di bilik suara, serta dapat mengakomodasi haknya dalam mengikuti pemilu, mulai dari pendaftaran hingga pemungutan suara.

“Dengan pendidikan politik dan pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas, maka akan turut berdampak pada pemilu yang berkualitas,” kata Ririmasse. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button