Maluku

Pengembangan Kompetensi ASN Merupakan Kebutuhan Mendesak di Maluku

potretmaluku.id – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku Hadi Sulaiman berharap, inovasi yang dilakukan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan II, usai mengikuti pelatihan, bisa dijadikan sebagai bentuk adaptasi mereka terhadap problem yang dihadapi di dalam organisasi, dalam mewujudkan visi misi Pemprov Maluku dan Pemkab/Kota.

“Inovasi tersebut, akan menjadi dasar bagi mereka untuk menindaklanjuti pada aksi-aksi perubahan mendatang secara berkelanjutan pada jangka pendek, menengah dan panjang,” ujar Hadi, saat penutupan pelatihan di BPSDM Maluku, Kamis (8/7/2021).

Menurut dia, ada beberapa inovasi terbaik yang pernah dilakukan sejumlah instansi, seperti inovasi tentang Klinik Dana BOS dan Sistem Data Survei.

“Inovasi ini menggunakan Tagline sebagai upaya manejerial mereka mengindentifikasi, menganalisis masalah yang mereka hadapi di perangkat daerahnya masing-masing, untuk menjawab tantangan,” terang Hadi.

Sebelumnya, saat menutup pelatihan bagi PNS lingkup Pemprov Maluku, Kabupaten Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Halmahera Barat, Kota Tual dan KPU Provinsi Papua Barat ini, Wagub Barnabas menyatakan sumber daya manusia Aparat Sipil Negara (ASN) merupakan aset utama organisasi pemerintah daerah.

“Terutama dalam mengemban peran strategis pada jabatan manejerial dan fungsional, sesuai kebutuhan dan beban kerja daerah, yang berdampak pada optimalisasi kualitas pelayanan publik, serta capaian kinerja pembangunan daerah,” tuturnya.

Dengan begitu, kata Wagub Barnabas, pengembangan kompetensi ASN merupakan kebutuhan mendesak dalam mendayagunakan, memelihara, memetakan serta meningkatkan kompetensi pegawai, agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemerintah daerah.

“Untuk itu, pelaksanaan pengembangan kompetensi wajib disusun oleh setiap instansi pemerintah, sehingga dapat dipetakan kebutuhan pengembangan kompetensi pegawai, sesuai kebutuhan dan beban kinerja instansi pemerintah,” pungkasnya.(PM-02)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button