Seram Bagian Barat

Pemerintah Desa se-Pulau Manipa Dukung Penuh MTQ SBB ke-X

potretmaluku.id – Pemerintah Desa se-Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten SBB, yang bakal digelar 25 September mendatang.

Kepala Desa sekaligus Ketua Lembaga Kerjasama Antar Desa (LKAD) M. Bin Musa Pellu, mengatakan, dirinya sangat memberikan mendukung atas pelaksanaan MTQ SBB ke-X, yang akang berlansung di Pulau Manipa.

“Mengingat MTQ merupakan kegiatan keagamaan bagi seluruh umat Islam di dunia, dan baru pertama kali dilaksanakan di Pulau manipa,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/8/2023).

Selain memberikan dukungan, Pellu juga mengajak serta mengimbau seluruh Kepala Desa se-Pulau Manipa, dan masyarakat pada umumnya, untuk ikut serta berpartisipasi aktif, baik dari mengikuti mata lomba, juga dalam melayani kafilah-kafilah serta undangan lainnya.

“Sehingga selama keberlangsungan MTQ,hingga berakhir nantinya, memberikan kesan positif bagi para kafilah, tamu dan undangan lainnya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Masawoi, Ibrahim Nuruly. Menurut dia, pelaksanaan MTQ, Tingkat Kabupaten SBB ke-X, ini merupakan salah satu kegiatan yang luar biasa.

“Karena itu, dukungan serta partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan dimaksud, merupakan tugas dan tanggungjawab untuk mensukseskan kegiatan yang dua tahun sekali dilaksanakan. Bukan hanya sekedar mendukung, namun partisipasi serta kesiapan lainnya juga kami lakukan,” tuturnya.

Begitu pula dengan Raja Negeri Tomalehu Barat, Isyandi Tiakoly, yang menyebutkan, MTQ Tingkat Kabupaten SBB ini, merupakan momen yang harus dimanfaatkan. “Sebab, kesuksesan MTQ, tergantung pada dukungan serta kesiapan kita selaku tuan rumah,” tandasnya.

Namun, selaku raja muda, dia katakan, dukungan serta persiapan itu menjadi tugas dan tanggungjawab semuanya, terutama dari sisi pelayanan terhadap kafilah, undangan serta tamu lainnya.

Ia juga menegaskan, selain memberikan dukungan serta kesiapan lainnya, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat yang ada, agar bersama pemerintah dan pihak kecamatan membuat sukses kegiatan yang penuh dengan amal ibadah ini

“Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan akbar ini, dapat menciptakan kebersamaan. Baik antar sesama masyarakat Manipa, maupun dengan kafilah, tamu serta undangan lainnya,” ujarnya.

Dukungan terhadap pelaksanaan MTQ, juga disampaikan Agus, Raja Tumalehu Timur, yang beragama non-muslim. Ia bersama masyarakatnya sangat mendukung pelaksanaan MTQ,, yang bagi umat Islam merupakan kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar ini.¬†“Kami mendukung dan siap mensukseskan MTQ nanti,” tandasnya.

Bentuk kesiapan pihakya, kata Agus, diantaranya mempersiapkan rumah-rumah warga, untuk nantinya menampung para kafilah dari sembilan kecamatan di SBB, yang bakal hadir di Pulau Manipa.

“Kepala-kepala desa yang lain, mari secara bersama katong sukseskan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah ini,” ajaknya.

Pemerintah Desa Kelang, Buano dan Tuniwara, juga mengatakan hal yang sama, dalam mendukung dan siap sukseskan MTQ, yang ke-X ini.

Dukungan serta partisipasi yang bermunculan, juga disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 16 SBB, Ne’ma Patty dan Kepsek SMK Pulau Manipa, Hamid Laisepa, saat menghadiri rapat peninjauan lokasi dan tempat-tempat pelaksanaan MTQ, yang berlansung di Aula Kantor Kecamatan Pulau Manipa beberapa waktu lalu.

Mereka menyampaikan kesiapan serta partisipasi lembaga pendidikan, dalam turut serta menyukseskan MTQ secara bersama, serta mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan kegiatan yang mulia itu.

Secara bersamaan mereka mengaku akan bersama pemerintah desa dan kecamatan, mendukung serta siap menjadi tuan rumah yang ramah dan santun.(*/ASH)

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button