Nasional

Kadis Kominfo Maluku Imbau Masyarakat Pindah ke TV Digital

potretmaluku.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan memastikan kelancaran proses migrasi dari televisi analog pindah ke tv digital di daerah ini.

“Kami dapat sampaikan bahwa akan siap untuk analog switch off tahap 2 dan siap pada saat siaran digital penuh, pada tanggal 2 November tahun 2002,” kata Kadis Kominfo Provinsi Maluku Titus Renwarin kepada potretmaluku.id, di Ambon, Senin (27/6/2022)

Dia menambahkan, pemerintah berupaya untuk mensukses Analog Switch Off (ASO), hal ini sejalan dengan perintah Presiden Jokowi mengenai lima langkah percepatan tranformasi digital termasuk mengoptimalkan pita frekuensi 700 MHz.

Selama ini pita radio 328 MHz digunakan untuk seluruh penyiaran TV analog. Dengan migrasi ke TV digital maka pengunaan spektrum frekuensi tidak sampai jumlah itu. Sehingga ada efisiensi dapat meningkatkan pemerataan infrastruktur digital dan peningkatan internet.

Sebagaimana diinformasikan, tahap pertama penghentian siaran TV Analog atau ASO sudah mulai rampung, sementara tahap kedua akan berlangsung pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Proses ASO pada tahap selanjutnya akan diikuti dengan pembangunan 32 infrastruktur multipleksing pendukung, di sejumlah wilayah oleh Kominfo dan TVRI.

Sisa infrastruktur akan dibangun oleh TVRI sebanyak 17, sementara Kominfo membangun 15 infrastruktur multipleksing.

Jika membeli secara mandiri dapat dilihat STB yang tersertifikasi kominfo ada fitur parental lock dan EWS (Early Warning System).

Selanjutnya TV yang sudah mendukung teknologi penerima siaran Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation (DVB-T2) tidak perlu lagi STB lagi, cukup cari sinyal siaran digital lewat pengaturan.(WEH)

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button