Nasional

Migrasi ke TV Digital Berpotensi Untung Bagi Pertumbuhan Ekonomi

potretmaluku.id – Ketua Komite Tetap Komunikasi dan Promosi Wirausaha Perempuan KADIN Aceh Erika Mulyani yang juga hadir dalam sosialisasi Analog Switch Off (ASO) di Aceh, Selasa (28/6/2022) tersebut, menambahkan keuntungan dari migrasi ke TV Digital dari TV Analog.

Menurut Erika, dengan adanya TV Digital, maka akan muncul content creator baru, serta tumbuhnya start up digital. ini penting dan berpotensi untuk membantu pertumbuhan ekonomi khusus di itu akan membantu pertumbuhan ekonomi di Aceh.

“Jadi, adanya keuntungan dari TV Analog ke TV Digital bisa menghemat pita frekuensi hingga 112 MHz,” kata dia.

Lebih lanjut kata Erika, ketersediaan frekuensi tersebut akan berdampak pada persiapan jaringan 5G di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati jaringan internet 5G yang sangat cepat.

Ia menuturkan, ini penting sehingga masyarakat bisa menikmati saluran TV yang lebih banyak.

“Semua itu bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Hal ini karena siaran digital termasuk free to air (FTA) atau penyiaran tidak berbayar,” ujar Erika.

Erika menyebutkan, dengan kencangnya internet dalam jaringan 5G, ekonomi digital juga akan lebih meningkat.

“Koneksi internet yang baik membuat ekonomi digital meningkat dengan makin banyaknya orang yang berjualan dan belanja secara online,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri telah memulai program ASO pada 30 April 2022 lalu. Sebanyak 8 kabupaten/kota di Indonesia sudah beralih sepenuhnya ke siaran TV Digital.

Selanjutnya pemerintah akan melaksanakan ASO tahap kedua pada 25 Agustus 2022. Tahap ketiga atau terakhir, ASO akan dilakukan pada 2 November 2022.(WEH)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button