MalukuNasional

Sosialisasi Peralihan TV Analog ke Digital di Maluku Masih Lemah

potretmaluku.id – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku Jantje Wenno mengatakan, pihaknya sangat mendukung pemerintah melalui Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) terkait peralihan TV analog ke digital di Maluku.

“Ini penting, karena Program Analog Switch Off (ASO) merupakan bagian dari program pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur penyiaran,” ujar Jantje kepada potretmaluku.id, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Pemerintah Mulai Menghentikan Siaran Televisi Analog Hingga Tahun 2022

Namun kata Jantje, progres dalam menjalankan program ASO ini masih sangat lemah. Ini disebabkan kurangnya sosialisasi program kepada masyarakat.

Dia menuturkan, semua stasiun televisi yang ada di Ambon baik swasta lokal maupun nasional, sudah memasang perangkat infrastruktur untuk digital. Tapi, kembali lagi apakah masyarakat seluruhnya sudah tahu atau mendapatkan pemahaman tentang ASO, dan distribusi bantuan piranti Set Top Box (STB) TV digital kepada keluarga penerima sudah tepat sasaran sesuai data.

Baca Juga: Menangkal Hoax, AMSI Maluku – Malut Gelar Diskusi Publik

Menurut Jantje, pembagian STB kepada warga miskin merupakan tanggung jawab pemerintah untuk mengawasinya. Bahkan, pemerintah pun wajib menyampaikan kepada masyarakat dimana STB dapat dibeli, beserta harga nominalnya.

Hal ini kata Wenno merupakan faktor kecil dalam menjalankan program ASO namun sangat berdampak besar bagi tercapainya program ASO yang dijalankan.

“Saya berharap hal ini dapat diperhatikan oleh pemerintah khususnya Dinas Kominfo setempat,” pungkasnya.(WEH)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button