Nasional

TV Digital Terkendala di Daerah Perbukitan, Ini Solusinya

potretmaluku.id – Koordinator Pengembangan Pita Lebar Dit. PPI Kominfo RI Indra Siswoyo mengaku, perbukitan mempengaruhi titik pemancar atau Infrastruktur Multiplexing (MUX) yang dapat memancarkan siaran TV Digital.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, karena kendala itu dapat selesai dengan adanya penambahan getfiler atau penguat sinyal.

“Untuk infrastruktur diwilayah berbukit tidak diperlukan infrastruktur yang besar cukup yang kecil saja untuk menutupi wilayah yang blank spot,” kata Indra, pada acara MODI Menjawab yang tayang pada kanal YouTube Siaran Digital Indonesia, Rabu (29/6/2022).

Dikatakan, ke depan perluasan sinyal akan menjadi tambahan kerja bagi para penyelenggara MUX sehingga dapat melayani masyarakat yang kurang mendapatkan sinyal siaran TV digital.

Menurutnya, penguat sinyal TV digital itu nantinya akan menggunakan metode Single Frekuensi Network (SFN),

Dengan begitu, lanjut Indra, penyelenggara MUX tidak perlu lagi melakukan perluasan sinyal TV digital dengan membangun infrastruktur MUX kembali.

“Jadi ini (SFN) bisa menjadi salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menjangkau seluruh wilayah layanan siaran TV digital dengan frekuensi yang sama kalau wilayahnya berbukit-bukit,” kata dia


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button