Maluku

Kadis Kominfo Maluku Klarifikasi Ketidakhadiran Gubernur di Upacara Hari Pattimura

potretmaluku.id – Ketidakhadiran Gubernur Maluku, Murad Ismail saat upacara Hari Kapitan Pattimura ke-204, yang sempat disorot sejumlah media di daerah ini, diklarifikasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Maluku, Samuel E. Huwae.

Melalui siaran pers yang diterima potretmaluku.id, Minggu malam (16/5/2021), Samuel menyebutkan, ketidakhadiran Gubernur Maluku Murad Ismail, bukanlah tanpa alasan, melainkan telah disepakati bersama bahwa yang menjadi Inspektur Upacara pada hari bersejarah Pahlawan asal Maluku ke 204 adalah Pangdam XVI Pattimura, Mayjen (TNI) Apolly Rahawarin.

“Walaupun Pangdam XVI Pattimura yang menjadi Inspektur Upacara namun sambutan yang dibacakan adalah Sambutan Gubernur Maluku,” ungkap Samuel.

Dia lantas meminta agar persoalan ini tidak dipermasalahkan, karena telah menjadi komitmen bersama antara Gubernur Maluku, Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-204 tahun 2021, yang berlangsung di Pattimura Park, Sabtu (15/5/2021), Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin bertindak sebagai Insepktur Upacara, sementara Letnan Kol Inf Rudolof Glen Paulus, Pabandya Jemen Srendam Kodam XVI Pattimura sebagai Komandan Upacara.

Pada kesempatan tersebut, sebagaimana disampaikan Samuel, Pangdam Jeffry membacakan Sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang isinya antara lain mengatakan, kisah kepahlawanan Kapitan Pattimura melawan penjajah, merupakan salah satu bentuk perlawanan sejati yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan, untuk merebut kemerdekaan dan membebaskan diri dari kaum penjajah.

“Oleh karena itu, semangat dan kisah kepahlawanan Kapitan Pattimura, mestinya tertanam di dalam sanubari seluruh warga masyarakat Maluku di manapun berada,” tandas Pangdam Jeffry saat membacakan sambutan Gubernur Murad.(PM-02)

 

Screen Shot 2021 05 10 at 21.41.45
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Maluku, Samuel E. Huwae.(Foto: Istimewa)

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button