Amboina

250 Warga Maluku Derita Penyakit Kelamin, HIV dan IMS

potretmaluku.id – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Jafry Taihuttu menyebut, ada 250 warga di Maluku menderita penyakit kelamin, baik HIV maupun dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Kata Jafry, hal itu terungkap saat Komisi I DPRD Kota Ambon melakukan peninjauan di Klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) dan Puskesmas Waihaong, Rabu (1/3/2023).

“Dari hasil on the spot, di kedua fasilitas layanan kesehatan itu sudah menangani 250 warga penderita HIV dan IMS,” ungkap Jafry.

Kata dia, 250 penderita penyakit kelamin itu berasal dari Kota Ambon dan beberapa kabupaten lainnya di Maluku, seperti Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Buru.

Meski tidak dijelaskan secara rinci jumlah penderita penyakit kelamin per kabupaten/kota, namun angka tersebut menunjukkan jumlah kasus cukup tinggi.

“Para penderita itu rerata berasal dari usia produktif yakni dibawah 20 tahun,” terangnya.

Menurutnya, salah satu faktor penyebabnya karena perilaku seks bebas, terutama hubungan seks sesama jenis, seperti lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

“Banyak dari pecinta sesama jenis. Laki-laki dan laki-laki, perempuan dan perempuan. Bahkan kami dengar, mereka-mereka ini juga punya komunitas,” imbuhnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button