Amboina

Wattimena Sebut Angka Kemiskinan di Kota Ambon Menurun

potretmaluku.id – Angka keluarga miskin di Kota Ambon mulai menurun. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencatat, warga miskin ekstrim di Kota Ambon nihil.

Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam paripurna istimewa dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-448 yang digelar di Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (7/9/2023).

Wattimena mengungkapkan, Kota Ambon telah bebas dari kemiskinan ekstrim, itu berdasarkan data per Tahun 2022 lalu. “Untuk angka kemiskinan ekstrem di Kota Ambon tahun 2022 adalah nol persen,” ungkap Wattimena.

Tak hanya itu, jumlah penduduk miskin biasa di Kota Ambon yang sebelumnya berjumlah 23.670 jiwa atau sebesar 5,02 persen pada tahun 2021, kini telah mengalami penurunan.

Data yang diperoleh Pemkot Ambon, per tahun 2022 tercatat jumlah penduduk miskin biasa sebanyak 22.580 jiwa atau sebesar 4,68 persen.

“Jadi berbagai upaya yang dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan di Kota Ambon telah memberikan hasil yang positif,” ujarnya.

Menurutnya, angka kemiskinan itu berhasil ditekan melalui sinkronisasi program, baik bersifat jaring pengaman sosial, maupun pemberdayaan terhadap masyarakat miskin.

Sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan yang dimaksud yakni, mempermudah intervensi program oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku maupun Pemerintah Pusat (Pempus).

“Melalui program sinkronisasi ini, sehingga angka kemiskinan berhasil ditekan,” imbuh Wattimena. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button