Seram Bagian Timur

Viral Bendera Merah Putih Jadi Keset Kaki, Kapolda Maluku Perintahkan Diusut Tuntas

potretmaluku.id – Video viral penyelahgunaan Bendera Merah Putih yang diduga terjadi di depan rumah dinas Subsektor Kesui, Polres Seram Bagian Timur (SBT), mendapat respon tegas dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Kapolda Latif yang mendapatkan informasi kejadian penyalahgunaan Bendera Merah Putih tersebut, langsung memerintahkan Kapolres SBT untuk segera mengusutnya hingga tuntas.

“Saya sudah perintahkan Kapolres SBT untuk mengusutnya sampai tuntas. Jika terbukti benar, tentu akan diberikan sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku,” kata Kapolda, Selasa (13/9/2022).

Kapolda mengaku sangat menyayangkan kejadian itu terjadi di depan rumah dinas Subsektor Kesui, yang jaraknya kurang lebih 12 jam perjalanan dari Ibukota Kabupaten SBT.

“Saya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Makanya saya perintahkan untuk usut motifnya dan siapa pelakunya,” tegas Kapolda Latif.

Untuk mengungkap motif dan pelakunya, Kapolda Latif juga mengaku telah memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan kepada semua pihak. Termasuk meminta keterangan dari yang mengambil video tersebut.

“Siapapun yang melakukan hal itu akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.

Dari video yan didapatkan potretmaluku.id, terlihat seorang lelaki bercelana pendek coklat dan mengenakan baju kaos warna coklat dengan tulisan POLISI pada punggungnya, sedang menginjak kain berwarna merah putih yang disebut-sebut dalam video ini sebagai bendera.

Lokasi peristiwa yang disebut pada video, terjadi di Mess Polsek Wakate, Kecamatan Kesui, Kabupaten SBT ini, langsung didatangi warga yang mengecam perbuatan oknum tersebut.

Warga menyampaikan kekecewaan mereka, apalagi oknum anggota polisi yang menurut mereka seharusnya menjaga dan menjujung tinggi kehormatan Bendera Merah Putih, malah memperlakukannya dengan tidak baik.

Peristiwa itu lantas direkam warga yang kesal, dan dibagikan agak menjadi viral dan mendapat perhatian dari pimpinan oknum polisi tersebut.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button