Maluku

Update Kerusakan Rumah di KKT dan MBD Akibat Gempabumi Magnitudo 7,5

potretmaluku.id – Data kerusakan rumah akibat gempabumi magnitudo 7,5 yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Maluku Barat Daya (MBD) beberapa waktu lalu terus bertambah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku hingga kini masih terus mendata jumlah kerusakan yang terjadi di dua wilayah tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Maluku, Sandhy Luhulima mengatakan, update terbaru per Senin 16 Januari 2023 kemarin, kerusakan yang sebelumnya berjumlah 326 unit, kini kembali bertambah menjadi 595 unit.

Luhulima mengaku, pihak BPBD di dua kabupaten tersebut masih terus mendata jumlah kerusakan pemukiman akibat gempabumi.

“Sesuai data yang kita terima, bangunan rumah yang rusak telah mencapai 595 unit,” kata Luhulima saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (17/1/2023)

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, 429 unit rumah yang rusak itu terdapat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dengan rincian 322 unit rusak ringan, 72 unit rusak sedang dan 35 unit mengalami rusak berat.

Sementara untuk Kabupaten MBD, jumlah kerusakan rumah sebanyak itu sebanyak 166 unit, 113 diantaranya mengalami rusak ringan, 29 unit alami rusak sedang, dan 24 unit mengalami rusak berat.

“Jika ditotalkan, rusak ringan sebanyak 435 unit, rusak sedang 101 unit dan rusak berat 59 unit,” jelasnya.

Selain itu, ada juga empat orang warga di KKT yang menjadi korban akibat gempa. Tiga warga diantaranya telah sembuh, dan satu warga lainnya masih dalam perawatan jalan. Sedangkan di MBD, enam orang warga sementara rawat jalan dan satu korban telah dinyatakan sembuh.

“Jumlah warga yang mengungsi di kabupaten MBD saat ini sebanyak 400 jiwa,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button