Amboina

Tingkatkan Kepedulian Sosial, Canangkan Jumpa Berkah

potretmaluku.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena bersama Pj. Ketua TP-PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena dan Plt. Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Ambon, Non Kiat, mencanangkan Jumat Pagi Berbagi Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Jumpa Berkah) di Lapangan Merdeka, Jumat (27/1/2023).

Pj. Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan, program Jumpa Berkah merupakan media untuk mewujudkan kepedulian, perhatian, dan kepekaan sosial kepada sesama.

Sebab, lanjut dia, zakat sebagai pranata keagamaan yang memiliki tujuan luhur untuk meningkatkan nilai, dan manfaatnya. Sebagai bentuk dukungan pengelolaan zakat di Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah mengeluarkan Perwali Nomor 23 Tahun 2022 tentang Sistem Koordinasi Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah.

“Perwali itu dikeluarkan guna mendorong dan membantu pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan penanggulangan kemiskinan dan ketahanan sosial,” kata Wattimena.

Untuk meningkatkan kapasitas BAZNAS, lanjut Wattimena, butuh dukungan bersama antar seluruh komponen masyarakat. Sehingga kesedaran atas pelaksanaan program ini yang memiliki manfaat bagi banyak orang dapat berjalan dengan baik.

“Dibutuhkan gerakan bersama untuk menyadarkan tentang manfaat positif Zakat bagi kemanusiaan, dalam penanggulangan kemiskinan, peningkatan, kesejahteraan dan pemberdayaan,” ujarnya.

Dalam kegiatan pencanangan itu, juga dilaksanakan penandatangan nota kerjasama antar Baznas Kota dengan TP-PKK Ambon tentang penanggulangan stunting serta perlindungan perempuan dan anak.

“Selaku pembina kedua lembaga ini, saya memberi apresiasi atas inisiatif prakarsanya. Semoga dapat mendorong pemkot untuk berperan aktif memerangi permasalahan tersebut,” imbuh Wattimena.

Hal senada juga disampaikan Plt. Ketua BAZNAS Kota Ambon, Non Kiat. Ia berharap melalui gerakan Jumpa Berkah ini, rasa kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu antar sesama dalam mewujudkan Kota Ambon yang bebas stunting dan kekerasan pada perempuan dan anak dapat diwujudkan.

Dia juga berharap, melalui penandatanganan nota kerjasama tersebut, kerja kolaborasi antar BAZNAS dan TP-PKK dapat mempercepat pencapaian gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengantisipasi dini peningkaran kasus stunting dan pemberdayaan perempuan dan anak.

“Kerjasama dengan Pemkot Ambon juga diharapkan bisa dilakukan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Kiat. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button