Maluku

Tercatat 863 Pergerakan Kendaraan pada Arus Balik Natal di Maluku

potretmaluku.id – Tercatat sebanyak 863 pergerakan kendaraan saat arus balik perayaan Natal Tahun 2023. Hal itu diungkapkan Hasan, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Maluku kepada wartawan Rabu (27/12/2023).

Menurutnya, 863 kendaraan itu terdiri dari dua dermaga pelabuhan yakni Pelabuhan Hunimua Liang Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan Pelabuhan Ferry Galala, Kota Ambon, dengan rincian 565 kendaraan roda dua dan 208 kendaraan roda empat untuk di Pelabuhan Hunimua.

Sedangkan di Pelabuhan Ferry Galala, terdapat 75 kendaraan roda dua, serta 14 kendaraan roda empat. Kata Hasan, terjadi peningkatan pergerakan kendaraan pada arus balik Natal.

“Jadi berdasarkan pantauan kami, memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” imbuhnya.

Kata Hasan, BPTD Kelas II Provinsi Maluku masih menggunakan pola normal untuk mengatasi arus balik pada dua jalur penyeberangan itu, yakni untuk Hunimua – Waipirit yang menggunakan enam kapal, dan Galala – Namlea yang menggunakan dua kapal.

Kata dia, ada potensi penambahan trip muatan kapal pada dua jalur itu. Tapi skema itu bisa dilaksanakan jika terjadi lonjakan penumpang.

“Kita masih menggunakan pola normal, kalau terjadi lonjakan kita menggunakan skema untuk penambahan trip,” ujarnya.

Dia menambahkan, kalau terjadi lonjakan penumpang dan skema itu dilaksanakan. “Jadi yang tadinya satu trip satu hari, menjadi dua trip dalam satu hari bagi masing-masing kapal,” tambah Hasan. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button