Maluku

Tangani Hoax, Polda Maluku Punya Unit Khusus Awasi dan Monitor Aktifitas Akun Medsos

potretmaluku.id – Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat menyebutkan, selain paham radikalisme, saat ini yang sangat dikhawatirkan juga adalah penyebaran berita hoax.

“Karena itu, Polda Maluku saat ini telah memiliki unit khusus yang tugasnya mengawasi dan memonitor setiap aktifitas akun media sosial (medsos),” saat berbicara pada dialog publik secara interaktif, “Paham Radikalisme dan Anti Pancasila Terhadap Stabilitas Keamanan di Wilayah Provinsi Maluku”, di Kantor Stasiun RRI Ambon, Selasa (23/3/2021).

Jika ditemukan ada yang mempublikasikan atau menyebar berita atau informasi hoax, kata Roem, maka akan langsung dilakukan penindakan terhadap si pemilik akun tersebut.

Sementara, menyinggung tentang radikalisme, Roem katakan, ini merupakan fakta yang tidak bisa dihindarkan, termasuk di wilayah Maluku.

“Olehnya itu tugas kita adalah bagaimana membina mereka yang memiliki paham radikalisme ini dengan berkordinasi dengan instansi fungsi terkait,” pinta Juru Bicara Polda Maluku ini.

Menurut dia, mereka yang terpapar paham radikalisme ini, terutama disebabkan oleh pemahaman agama yang sempit.

“Mereka ini dimasuki paham sesat yang dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan tujuan politik dan kepentingan pribadi atau kelompoknya,” ujarnya.

Orang yang diketahui terpapar paham sesat tersebut, kata Rum, jangan dijauhi. Sebab, bila dibiarkan sendiri tanpa ada kesibukan yang positif, mereka akan mengembangkan paham radikal tersebut sehingga akan menular kepada masyarakat lainnya secara diam-diam.

Lebih lanjut dikatakan, masalah terorisme tidak terlepas dari persoalan politik. Sebelum terjadinya konflik sosial, kehidupan orang Maluku sangat baik dan ramah. Semua masyarakat hidup dalam keadaan damai.

“Namun setelah terjadi konflik sosial pada tahun 1999 lalu kehidupan masyarakat Maluku saat ini menjadi berubah dengan drastis. Olehnya itu pentingnya saat ini kita rubah mainset pemahaman masyarakat Maluku dalam membangun kehidupan orang basudara,” ajaknya.(PM-04)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button