MalukuPolitik

Surat Suara Pemilu yang Rusak Bakal Dimusnahkan

potretmaluku.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku telah menerima laporan terkait surat suara yang rusak dalam proses sortir dan lipat.

Jumlah surat suara yang rusak itu lebih dari 76 ribu lembar, baik berupa surat suara jenis Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku.

“Dari hasil pengawasan, ditemukan ada ribuan kertas surat suara yang rusak. Tentu, yang rusak ini akan dimusnahkan oleh KPU di tiap kabupaten/kota,” kata Ketua Bawaslu Maluku, Subair, Selasa (23/1/2024).

Kata dia, sesuai aturan, maka pemusnahan surat suara yang rusak itu dengan cara dibakar. Itu akan dilakukan sehari sebelum pemungutan suara berlangsung, termasuk juga surat suara yang melebihi kebutuhan.

Dia menjelaskan, pemusnahan perlengkapan pemungutan suara berupa surat suara diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 12/2023 tentang pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara.

“Pemusnahan itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan disalahgunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu di Pemilu,” jelas Subair. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button