Amboina

Sudah Lebih dari Setengah Warga Ambon Divaksin

potretmaluku.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy menyebutkan, secara keseluruhan sudah 67,9 persen atau lebih dari separuh warga Kota Ambon yang divaksin.

“Untuk Kota Ambon secara keseluruhan sudah 67,9 persen masyarakat yang terima vaksin,”

“Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, sedang mengejar target vaksinasi untuk pelajar agar pembelajaran tatap muka bisa dilakukan,” ujar Wendy, kepada wartawan saat kegiatan vaksinasi kepada siswa di SMA Negeri 11 Ambon, yang digelar Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Maluku, Kamis (23/9/2021).

Menurut Wendy, pihaknya sementara mengejar vaksinasi kepada pelajar, karena persyaratan untuk sekolah tatap muka, harus 80 persen pelajar sudah menerima vaksin.

“Kalau belum sampai jumlah itu, sekolah tatap muka belum bisa kita lakukan,” terang Wendy.

Itu sebabnya, kegiatan vaksinasi yang digelar Binda Maluku ini, disebut Wendy, dapat mempercepat target vaksinasi pelajar di Kota Ambon, sehingga sekolah tatap muka bisa terwujud.

Dia mengaku, jika meliat di lapangan, ada kerinduan anak-anak untuk bersekolah lagi di sekolah. “Kerinduan itu cukup besar, tapi ya itu, mereka harus divaksin dulu,” tandasnya.

“Jika target 80 persen pelajar sudah divaksin, maka kita akan melakukan uji coba tatap muka terbatas, pada sekolah SMP di Kota Ambon,” jelasnya.

Namun bukan saja siswa yang divaksin, Wendy mengingatkan, guru juga harus 80 persen divaksin, untuk pembelajaran tatap muka terbatas ini.

Untuk pelajar, kata Wendy, sudah 59,6 persen atau 19.858 pelajar dari target 33,322 siswa di Ambon yang divaksin.

“Dan untuk yang sudah divaksin, kita selalu mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan,” tegas Wendy.

Pantauan potretmaluku.id warga Kota Ambon begitu antusias mengikuti vaksinasi yang digelar berbagai pihak. Misalnya yang program vaksinasi yang digelar Pemkot Ambon, Polda Maluku lewat Gerai Vaksinasi Mandiri, atau serbuan vaksinasi oleh Kodam Pattimura maupun Korem 151/Binaiya serta Lantamal IX Halong Ambon.

Sebelumnya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan, pengendalian pandemi Covid-19 di Kota Ambon terus dilakukan pemerintah kota (Pemkot), lewat Satuan Tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19, diantaranya melalui menggalakan vaksinasi.

Kepada wartawan di Ambon, Selasa lalu (21/9/2021), Richard mengatakan, Pemkot terus menggalakan program vaksinasi massal kepada masyarakat, agar target herd immunity atau kekebalan kelompok bisa dicapai di Oktober mendatang.

“Sebab target capaian herd immunity yang ditetapkan pemerintah pusat itu harus 247 atau 70 persen warga masyarakat di Ambon harus divaksin,” terangnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button