Amboina

Satgas Kota Ambon Antisipasi Covid-19 Varian Omicron

potretmaluku.id – Angka kasus Covid-19 Omicron di Indonesia terus meningkat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, hingga saat ini di Indonesia telah mencapai 46 kasus positif Covid-19 varian Omicron.

Kasus tersebut sebagian besar berasal dari pelaku perjalanan internasional. Itu merupakan imported case lewat WNI yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, Turki, dan 1 orang WNA Asal Nigeria.

Jumlah kasus itu meningkat berdasarkan hasil identifikasi Kemenkes lewat pemeriksaan spesimen oleh Badan Litbangkes.

Meski belum ditemukan adanya kasus itu di Kota Ambon, namun Satgas Covid-19 mulai mengambil langkah antisipasi. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz, Selasa (28/12/2021).

“Langkah antisipasi yang dilakukan ialah dengan menempatkan petugas Satgas di pintu masuk Kota Ambon, baik di Bandara Pattimura maupun Pelabuhan,” ujarnya.

Dia katakan, langkah antisipasi dilakukan mengingat Kota Ambon belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19. Selain itu juga karena diketahui penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia saat ini semakin luas.

“Langkah pencegahan masuknya varian Omicron sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu dengan menegakkan aturan protokol kesehatan, dan menempatkan petugas di Bandara Pattimura dan pelabuhan,” tutur Joy.

Menurut Joy, Satgas yang ditempatkan di bandara dan pelabuhan kapal itu bertugas memeriksa warga yang masuk dari luar daerah Maluku. Upaya ini harus dilakukan, sebab Satgas hingga sekarang masih terus berupaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Ambon.

“Kami berharap upaya tersebut bisa mencegah masuknya varian Omicron di Ambon,” ujarnya.

Tak hanya itu, di mall maupun pusat perbelanjaan, juga dipantau secara langsung oleh tim Satgas. Jadi penegakkan aturan protokol kesehatan selalu diperiksa tim Satgas.

“Ini bukan cuman di mall, tapi di supermarket-supermarket juga,” tandasnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button