Maluku Tengah

Soal Penjabat Bupati Malteng, Alimudin: Harus Diusul Sejak Dini

potretmaluku.id – Masa jabatan Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua dipastikan berakhir pada september 2022 mendatang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Gubernur Maluku harus segera mengusulkan nama calon Penjabat Bupati Malteng sejak dini, jangan menunggu hingga waktu akhir “injuri time”.

Pasalnya, sampai dengan saat ini belum ada pengusulan nama calon Penjabat Bupati Malteng. Komisi I DPRD Provinsi Maluku pun belum tahu apa kendala yang ada, sehingga belum juga diusulkan nama calon penjabat bupati.

Anggota Komisi I DPRD Maluku Alimudin Kolatlena menilai Gubernur Maluku Murad Ismail terkesan lamban, dalam menangani problem pengusulan nama calon Penjabat Bupati Malteng. Padahal, menjelang jatuh tempo akhir jabatan, itu sudah harus disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurutnya, harusnya Pemprov memetik pengalaman pada empat kota/kabupaten kemarin yang mengalami keterlambatan pengusulan Penjabat kepala pemerintahan, agar tidak menuai kontroversi.

“Gubernur harus menempuh jalur pengusulan sejak dini atau lebih awal. Agar tidak menimbulkan masalah, jangan tunggu hingga injury time,” kata Alimudin kepada wartawan, di Ambon, Rabu (10/08/2022).

Kata dia, langkah cepat pengusulan Penjabat Bupati Malteng harus dilakukan untuk mengantisipasi polemik baru di pemerintahan.

“Apapun latar belakang dan background, asalkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tutur dia.

Politisi Partai Gerindra itu menyebut tidak masalah jika penjabat bupati diusulkan dari kalangan militer ataupun birokrasi, asalkan berdasar pada UU yang berlaku dan tetap sah.

Sebab yang terpenting adalah bagaimana roda kepemimpinan itu bisa berjalan lancar dan kepentingan masyarakat diutamakan.

“Siapa saja boleh, dari militer ataupun pejabat birokrasi tidak masalah, yang penting sesuai pedoman atau regulasi yang mengatur soal pengangkatan penjabat kepala daerah di kabupaten,” tandasnya.(HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button