Telusur Sejarah

Mengenal Negara Curacao Unikameral, Tempat Asal Suami Kopral Costavina “Cosje” Ayal

IN MEMORIAM

“Tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui Negara Curacao, sebuah negara unikameral dari Kerajaan Belanda. Hanya sedikit saja yang pernah mendengar nama itu saat membaca tulisan mengenai Kopral Costavina “Coosje” Ayal, perempuan satu-satunya yang bergerilya melawan Jepang saat Perang Dunia II di Manokwari.”

Oleh: Dr. Rakeeman R.A.M. Jumaan, Direktur & Pendiri Pusat Kajian Manuskrip Islam dan Filologi (Centre for the Study of the Islamic Manuscript and Philology) Manokwari, Papua Barat

PENGANTAR

Timnas Indonesia telah memenangkan laga pertama pertandingan FIFA Matcday dengan Negara Curacao pada Sabtu (24/9) malam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung dengan skor menang tipis 3:2.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong (STY) sangat berharap melihat permainan bagus dari Timnas Indonesia. Sebab, dalam ranking FIFA, Tim Curacao berada pada posisi le-84 sedangkan Timnas Indonesia pada urutan ke-155.

“Sampai saat ini, Indonesia itu (posisi) 155 dan Curacao 84. Memang sangat berbanding jauh jika melihat ranking FIFA Curacao dibanding Indonesia,” ujar Shin Tae-yong, Jumat (23/9/2022) seperti dikutip media daring Kompas.com.

“Jadi, saya ingin melihat tim kami, apakah bisa melawan tim bagus ini dengan permainan bagus atau tidak, dan apakah bisa melakukan permainan yang kami inginkan atau tidak,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Menurut jadwal, laga kedua akan dilangsungkan di Stadion Pakansari Bogor pada Selasa (27/9). Apakah Timnas Indonesia juga akan kembali memenangkan pertandingan itu juga?

Baca Juga: Haji Misbach; Sosok “kiri” Tokoh Pergerakan RI yang Diasingkan Belanda ke Manokwari

NEGARA CURACAO (CURACAO UNIKAMERAL)

Tidak setiap orang di Indonesia pernah mendengar nama Negara Curacao. Mungkin dalam hidupnya, hanya sekali-dua kali pernah mendengar nama itu. Begitu juga dengan Penulis, mungkin hanya sekitar lima kali saja pernah membaca nama negara ini. Selain karena pernah menghafalkan nama-nama negara di dunia, juga karena penelitian sejarah.

Negara Curacao
Kopral Costavina “Coosje” Ayal.(Foto: Dok. Penulis)

Saat melakukan penelusuran terhadap sosok perempuan gerilyawan di Papua Barat, Penulis mendapati ada dua sosok. Keduanya adalah Kopral Costavina “Coosje” Ayal dan Sitti Rahmah alias Herlina Kasim si Pending Emas. Nama pertama adalah gerilyawan yang membantu Belanda menghadapi invasi Jepang dalam Perang Dunia II di Manokwari (1942-1944). Sedangkan nama kedua merupakan seorang sukarelawan perempuan satu-satunya dalam Operasi Trikora di Irian Barat (1962-1963).

Ketika mengulik aspek kehidupan dan pernikahan Coosje Ayal alias Coosje Nahuway, Penulis mendapati bahwa suaminya adalah seorang tentara Belanda/Sekutu yang berasal dari Negara Curacao. Nama prajurit itu adalah Ayal Henry Evers, yang dinikahi pada 1947. Negara Curacao sendiri adalah sebuah negara bagian (unicakameral) dari Kerajaan Belanda.

Negara Curacao berpenduduk tidak lebih banyak dari penduduk di salah satu kecamatan di DKI Jakarta. Lokasinya terletak di Laut Karibia Selatan, sekitar 70 kilometer dari lepas pantai Venezuela. Negara Curacao berdekatan dengan Pulau Aruba dan Pulau Bonaire. Luas wilayah negara ini adalah 444 kilometer persegi.

Kondisi geografisnya berupa dataran rendah dan perbukitan kecil pada bagian barat dan iklim tropis dengan suhu yang hangat terutama mencapai puncak tertingginya pada bulan September ini. Sedangkan dari Oktober hingga Nopember, curah hujan meningkat.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2 3Next page
Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button