AmboinaLingkungan

Nature Community Gelar Eco Event dan Launching Program GESN di Ambon

potretmaluku.id – Tingkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga, Natur Community (Komunitas Alam) Kota Ambon, gelar Eco Event yang dirangkai dengan peluncuran program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), dan peluncuran Bank Sampah Bumi Lestari Maluku Unit Latuhalat, bertempat di Pantai Namalatu, Minggu (14/08/2022).

Ketua Natur Community Listiyah Tuharea kepada wartawan mengatakan, program itu bertujuan untuk mendukung pemerintah daerah dalam upaya mengatasi persoalan sampah di masyarakat dengan menghimpun potensi masyarakat untuk bersama-sama mengelola sampah secara terpadu.

Kata dia, Eco Event merupakan salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mana diamanahkan kepada nature community untuk disosialisasikan ke masyarakat.

Program bertajuk “Berdamai dengan Sampah, Selamatkan Lingkungan Hidup” itu dirangkai dengan kegiatan bersih pantai dan edukasi pengelolaan sampah bagi masyarakat.

“Ini tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri dan bertanggung jawab agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan teratur,” kata Listiyah.

Kata dia, program itu merupakan upaya mengajak masyarakat yang mau melakukan kegiatan atau acara di alam terbuka dengan tidak meninggalkan sampah.

“Jadi bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan sampah agar bernilai ekonomi, kemudian sampah bisa dijadikan sarana hidup yang lebih berkualitas untuk mereka,” katanya.

Menurutnya, paradigma atau pola pikir masyarakat di Kota Ambon yang menganggap bahwa sampah merupakan masalah yang tidak boleh disentuh itu harus diubah, agar sampah itu tidak lagi menjadi momok bagi masyarakat.

“Dengan motivasi itu, sehingga tema yang kita angkat dalam peluncuran ini adalah berdamai dengan sampah sayangi lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena yang hadir dalam kegiatan tersebut mengaku sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh Natur Community.

“Saya sangat bersyukur dengan peluncuran program ini, karena membantu pemerintah kota dalam implementasi kebijakan strategis daerah terkait penanganan sampah melalui pengorganisasian yang berkelanjutan,” ujar Bodewin.

Dia menyambut baik kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri dan bertanggung jawab agar terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan teratur.

“Kalau ada pihak yang berusaha untuk bagaimana mengelola sampah, saya sangat mendukung,” tandasnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button