Maluku

Mirati Dewaningsih Berikan Trauma Healing untuk Anak-anak di Lokasi Kebakaran

potretmaluku.id – Musibah kebakaran yang terjadi di kawasan Lorong Tahu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat dini hari (9/12/2022) lalu menyisakan kesedihan mendalam bagi korban kebakaran.

Kehilangan harta benda akibat kebakaran menyisakan duka dan sedih yang mendalam. Aktivitas keseharian yang sebelumnya aman dan nyaman sekejap berubah karena mereka harus berpindah ke tenda-tenda pengungsian.

Kondisi tersebut tentu dapat menimbulkan tekanan, kecemasan bahkan trauma. Bila berkelanjutan dan tidak ditangani, dapat berujung pada gangguan psikologis seperti depresi.

Berangkat dari masalah tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mirati Dewaningsih Tuasikal berkesempatan mengunjungi lokasi pengungsi korban kebakaran di kawasan Lorong Tahu, Kelurahan Rijali, Sabtu pekan kemarin.

Kunjungan Mirati itu dalam rangka memberikan trauma healing kepada puluhan anak-anak yang berada di lokasi pengungsian. Puluhan anak diajak bermain dengan beragam teknik permainan untuk mengatasi trauma anak, baik bermain pasif, bermain aktif motorik halus, dan juga bermain aktif motorik kasar.

Anak-anak diberikan kesempatan untuk berbicara mengenai perasaan dan pengalaman yang mereka alami terkait dengan musibah yang dialami melalui bercerita, tanya jawab, serta dan bermain dan berbagi hadiah.

“Di kesempatan ini, kami lebih fokus pada pemulihan kondisi anak-anak pasca kebakaran yang disaksikan dan dialami secara langsung,” kata Mirati kepada potretmaluku.id, Sabtu (19/12/2022).

Selain memberikan trauma healing, Senator asal daerah pemilihan Maluku yang akrab disapa mama cele ini juga menyalurkan bantuan kepada anak-anak sekolah yang terdampak bencana tersebut.

“Bantuan yang diberikan adalah kebutuhan sekolah berupa pakaian seragam untuk tingkat SD, SMP dan SMA, serta alat tulis,” terangnya.

Mirati juga memberikan perhatian khusus kepada anak anak usia 3-9 Tahun. Dia bersama rombongan juga mendatangi tenda-tenda pengungsian dan posko kesehatan untuk mengecek kebutuhan obat-obatan.

“Dalam waktu dekat kami juga akan membantu makanan tambahan. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan mengurangi rasa trauma dan beban yang dialami korban kebakaran,” terangnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button