Ekonomi dan BisnisMaluku

Maluku Ekspor Damar ke Bangladesh

potretmaluku.id – Sebanyak 2 ton komoditi damar Maluku milik PT Parshu Indonesia dikirim ke Negara Bangladesh. Pelepasan 2 ton damar ini dilaksanakan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, yang dipimpin Plh Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie, pada Sabtu (16/10/2021).

Sadali mengapresiasi kegiatan ekspor damar Maluku ke Bangladesh di tengah situasi Covid-19 saat ini.

Ini penting, karena dalam situasi dan kondisi global yang masih dilanda pandemic Covid-19 dan belum berakhir, tidaklah menjadi sebuah alasan untuk kita berhenti berjuang meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Sadali katakan, ekspor Maluku dalam kurun 3 tahun terakhir menunjukan peningkatan yang cukup signifikan dalam setiap periode.

Pada tahun 2020, ekspor langsung komoditi non migas dari Maluku mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sebesar US$ 45,12 juta atau naik sebesar US$ 31,2 juta atau 225,5%, apabila kita bandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

“Hal ini menunjukan terciptanya suatu trend yang baik dalam aktivitas ekspor Maluku pada komoditi non migas terutama sector perikanan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada bulan Maret dan April 2021, Maluku kembali melakukan ekspor langsung perdana Komoditi Perkebunan, yaitu komoditi Pala 56,04 ton, dengan nilai US$.428,749.13 ribu.

“Dan pada hari ini, kembali kita melakukan langkah baru dengan melakukan diversifikasi pasar ekspor terutama untuk komoditi kehutanan, khususnya Damar Maluku,” tuturnya.

Ini juga sekaligus, tambah Sadali, menandai bahwa Maluku telah melakukan diversifikasi produk. Artinya bahwa komoditi non migas daerah ini, tidak hanya tertumpu pada sektor perikanan dan sektor perkebunan, tetapi juga telah merambah pada sektor-sektor yang lain terutama sektor kehutanan khususnya komoditi damar.

Untuk mendorong peningkatan ekspor, Sadali juga berharap, selain ditunjang dengan penyediaan fasilitas dan kemudahan pelayanan yang menjadi prioritas, pencarian peluang-peluang pasar ekspor yang lebih luas.

Dia katakan peluang ekspor saat ini terbuka sangat lebar, namun pelaksanaannya memerlukan sinergi yang baik.

“Maka pesan dan harapan saya kepada kita sekalian, khususnya para eksportir, bahwa di tengah pandemik ini masih ada peluang meningkatkan ekspor. Selama kita jeli menemukan peluang dan menemukan inovasi baru sesuai kebutuhan daerah kita dan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button