Nasional

Lembaga Penyiaran Beperan Mengedukasi Masyarakat Mematuhi Protokol Kesehatan

BERSATU LAWAN COVID-19

Potretmaluku.id – Lembaga potret penyiaran dan turut mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai program tayangan yang ditayangkan oleh lembaga penyiaran. Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait hal ini.

“Untuk memastikan penyelenggara penyiaran mematuhi protokol kesehatan dalam setiap program yang ditampilkan kepada masyarakat,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/2/2021) yang. kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ia menambahkan, salah satu yang menarikkan, pemakaian pelindung wajah dan masker, terutama pada program-program yang melibatkan lebih dari 2 orang.

Hal ini kata dia, menimbang bahwa berbagai acara televisi memiliki jumlah penonton yang cukup banyak. Sehingga diharapkan para penyelenggara penyiaran dapat memberikan contoh yang baik dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga dapat mengikuti penontonnya.

Dan dari hasil koordinasi, Wiku memastikan bahwa para pelaku sektor media mendukung pelaksanaan protokol kesehatan. Baik dalam tayangan sinetron, reality show, variety show, ajang pencarian bakat, berita pembawa acara dan talkshow.

Langkah yang dilakukan Satgas dalam waktu dekat, kata dia, yaitu membentuk tim perumus standar operasional prosedur (SOP) teknis yang juga termasuk wakil dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI) dan KPI.

Disamping itu, Wiku menyatakan bahwa pemerintah pada prinsipnya menjamin kebebasan menyampaikan pendapat yang terkait apapun, termasuk pemerintah upaya dalam penanganan pandemi Covid-19. Namun ia berpesan agar masyarakat bertanggungjawab atas opini yang disampaikan.

Selain itu, lanjut Wiku, dalam menyampaikan opininya masyarakat juga harus menghormati kerja keras pihak-pihak yang telah melakukan penanganan pandemi Covid-19 di lapangan.

Masyarakat dimintanya untuk menghindari menyampaikan opini yang menimbulkan polemik dan merugikan pihak.

“Beropini secara bijak dan hargai kerja keras seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan pandemi Covid-19. Terimakasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan kritik dan saran, Satgas sangat menghargai masukannya dan kami jadikan sebagai bahan evaluasi melakukan perbaikan penanganan Covid-19 kedepannya,” pungkas Wiku.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button