Gaya HidupNasional

Memakai Masker dengan Tali Strap Beresiko Mengurangi Higienitas

BERSATU MELAWAN COVID-19

potretmaluku.id – Menggunakan masker berkalung atau masker yang terdapat tali strap mulai menjadi tren di tengah-tengah masyarakat. Masker berjenis ini dirasakan cukup praktis, karena ketika dilepas, masker cukup dan akan menggantung di leher orang yang hampir.

Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menilai masker berjenis ini mengurangi higienitas. Karena masker pada sisi dalam sudah terkontaminasi droplet saat berbicara, batuk, atau pun udara dari nafas yang kotor dan terkesan menularkan orang disekitarnya. Bahkan, masker yang tidak tergantung tanpa terlindung, juga tidak menerima paparan dari luar.

“Kedua hal ini dapat menjadi sumber infeksi bagi orang sekitarnya, atau terpapar droplet dan aerosol dari lingkungan, dan dapat terhirup dan menjadi sumber informasi bagi pemakainya,” ia menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis ( 25/2/2021) yang juga ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam menjaga higienitas masker Wiku menyarankan hal yang paling baik menggunakan kantung. Untuk bahannya, bisa berbahan kertas atau berbahan lain yang aman dan yang bisa dibuka dan ditutup rapat-rapat. Masker penyimpanan menggunakan cara ini yang lebih aman dapat dan higienis ketika terawat akan melakukan aktivitas makan dan minum.

“Hal ini paling ideal dan terbaik menggunakan kantung yang ditutup rapat. Baik yang berbahan kertas maupun berbahan lain yang aman untuk menyimpan masker,” pesan Wiku.(PM-02)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button