Kepulauan Tanimbar

Lanal Saumlaki Sukses Upacara Bawah Laut, Ikut Dihadiri Penjabat Bupati KKT 

potretmaluku.id – Pengibaran bendera Merah Putih memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, di bawah laut, yang digelar secara serentak pada 77 titik lokasi penyelaman nusantara, oleh jajaran TNI Angkatan Laut (AL), juga digelar Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Rabu kemarin.

Kegiatan oleh Lanal Saumlaki, yang dirangkai dengan upacara tabur bunga, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut pada perairan Laut Saumlaki ini, ikut ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, melalui video conference.

Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Andi Kristianto, menjadi inspektur upacara pada tabur bunga. Sedangkan pengibaran bendera Merah Putih di bawah dengan Komandan Upacara Paur Silta Akun Lanal Saumlaki Letda Laut (S), Giusepe Albuchari Wiradipura Ginting.

Pengivaran bendera bawah laut pada kedalaman 6 meter sampai 7 meter di bawah laut, dilaksanakan 8 penyelam gabungan TNI dan ASN, serta Masyarakat dan 7 personel pendukung, di bawah pimpinan Komandan KAL Pulau Nustual, Kapten Laut (P) Eddie Krisnanto.

“Kegiatan ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL, agar memeriahkan HUT ke-77 RI, dan menguatkan semangat nasionalisme,” ujar Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Andi Kristianto.

Upacara tersebut, kata dia, juga sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim di Indonesia, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Kegiatan pengibaran diawali penyerahan bendera Merah Putih dari Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Daniel Eduard Indey, kepada Danlanal Saumlaki, yang kemudian diserahkan kepada ketua tim penyelam.

“Untuk generasi muda Kepulauan Tanimbar, di hari Kemerdakaan RI ke-77 ini, tetap semangat, jangan pernah putus asa. Meski kita jauh di perbatasan, tapi tunjukan bahwa kalian bisa,” imbau Andi Kristanto.

Dia juga mengajak generasi muda setempat, untuk mengobarkan semangat perjuangan demi mengapai cita-cita.

“Seperti para pejuang yang tetap terus semangat dan tidak pernah putus as, dalam mempertahankan NKRI, meski kala itu dalam keterbatasan,” pungkasnya.

Pengibaran bendera bendera yang ikut dihadiri langsung Penjabat Bupati Daniel Indey ini, berjalan khidmat dan berlangsung sukses.

Usai kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Daniel Indey, yang diberikan kepada Komandan Satuan Termuda di Kepulauan Tanimbar, Komandan Kompi 3 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Maluku, Iptu Nyoman Sudarmaja.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar, Danalanud IG Dewanto, Dandim 1507/Saumlaki, Dansatrad 245/Saumlaki, Kapolres Kepulauan Tanimbar, Kajari Kepulauan Tanimbar, Ketua Pengadilan Kepulauan Tanimbar, Sekda Kepulauan Tanimbar, Perwira staf Lanal Saumlaki, serta pejabat terkait lainnya.(TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button