Nasional

Kolaborasi Baik Antara Pemerintah dan Masyarakat Berpeluang Merubah Pandemi Menjadi Endemi

potretmaluku.id – Pandemi COVID-19 diprediksi para pengamat akan menjadi endemi pada tahun 2022. Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa endemi digambarkan sebagai situasi kasus pandemi dapat terkendali, namun bukan berarti virus penyebab pandemi hilang sepenuhnya.

“Hal-hal yang dapat mengindikasikan bahwa pandemi telah bertransisi menjadi endemi ialah jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah, sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun,” jelasnya menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers di Graha BNPB, Kamis (19/8/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan instrumen pengendalian PPKM saat ini berupa pengaturan dan target spesifik, baik 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), 3T (testing, tracing dan treatment), dan vaksinasi di tiap kabupaten/kota, maka diharapkan kondisi tersebut segera tercapai.

“Tetapi, dengan syarat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat harus bisa mensukseskan kebijakan yang telah ada agar signifikan hasilnya,” harap Wiku.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button