Amboina

Genjot PAD, Pemkot Ambon Maksimalkan Tapping Box

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali memaksimalkan Tapping Box atau pemantau pajak pada sejumlah tempat usaha di Kota Ambon.

Hal itu dilakukan untuk menggenjot peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon. Dal upaya tersebut, Penjabat Walikota, Dominggus N. Kaya menggelar pertemuan bersama para pelaku usaha di Kota Ambon, Jumat (21/6/2024).

Dominggus mengaku, pertemuan tersebut digelar sebagai upaya evaluasi antara Pemkot Ambon dengan para pelaku usaha, baik pemilik restaurant, rumah kopi, maupun pelaku usaha perhotelan di Ambon.

“Tujuannya cuma satu, meningkatkan PAD Kota Ambon,” kata Dominggus.

Kata dia, pertemuan itu juga melibatkan pihak Bank Maluku beserta vendornya untuk memberikan saran dan masukan tentang bagaimana mengoptimalkan peralatan alat pemantau pajak.

Menurutnya, Maluku saat ini berada di zona merah dengan PAD dibawah transfer Negara atau Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Maluku menempati posisi keempat setelah Papua dan Maluku Utara.

Artinya bahwa Kota Ambon termasuk didalamnya dengan predikat daerah yang punya pendapatan dibawah dana transfer pusat. “Itu berdasarkan hasil pertemuannya dengan Kemendagri pada beberapa waktu lalu,” katanya.

Dia menyebut, dalam yang digelar di ruang rapat Vlissingen Balai Kota itu, pelaku usaha sebagai wajib pajak juga diberikan kesempatan untuk mengevaluasi kinerja pemkot.

“Kita berikan ruang evaluasi bagi pelaku usaha terhadap kinerja pemkot agar pemerintah dapat memperbaiki sistem kerja,” tandas Dominggus. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button