Maluku Tengah

DPRD Maluku Sesali Penembakan di Hutan Pelauw

potretmaluku.id –  Penembakan oleh orang tidak dikenal di hutan Negeri Pelauw Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada Sabtu lalu, sangat disesali Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Asis Sangkala.

Kepada potretmaluku.id  Asis katakan, sebagai wakil rakyat dirinya menyampaikan turut berbelasungkawa, serta menyesali peristiwa penembakan yang terjadi lagi di Pulau Haruku,  Sabtu (26/03/2022) lalu.

“Karena tentu peristiwa ini kemudian menimbulkan luka baru lagi bagi kita. Terutama untuk keluarga almarhum dan tentu kepada seluruh masyarakat di negerinya,” ujarnya Senin (28/3/2022).

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, di balik luka ini tentu menjadi suatu pelajaran penting bagi kita, untuk terus bersemangat mengupayakan damai di Pulau Haruku antara warga Pelauw dan Kariuw, maupun dengan Negeri-negeri tetangga lainnya.

“Karena hanya dengan damai itu kita bisa kembali bangkit dan bisa hidup sebagai orang basudara, dan kemudian bisa menata lagi masa depan anak cucu kita,” kata Asis.

Untuk itu, kata Asis, sangat diharapkan agar pihak kepolisian  tidak  lengah. Sebaliknya tetap meningkatkan patroli dan penjagaan wilayah perbatasan.

“Termasuk juga harus sering-sering melakukan patroli di pegunungan, untuk memastikan tidak ada orang-orang yang masih menginginkan konflik ini terpelihara, bisa jadi bebas dan leluasa. Sembari usaha-usaha persuasif terus dilakukan,” tuturnya.

Asis menyebutkan, dirinya sangat respek dengan upaya yang dilakukan oleh Kapolsek Pulau Haruku yang berkunjung ke masjid-masjid hari Jumat, dan gereja-gereja pada hari Minggu, untuk memberikan imbauan terkait upaya merawat perdamaian.

“Saya pikir ini juga harus dilanjutkan oleh semua komponen yang ada di sana. Pemerintah Daerah Kabupaten Malteng, juga Camat Pulau Haruku sering-sering datang ke masyarakat kita, dan berbicara dari hati ke hati untuk mencari solusi damai bagi masyarakat kedua negeri,” jelas Ketua DPW PKS Maluku ini.

Asis berharap  semua pihak yang ada di sana, tidak terpancing dan tersulut emosi. Percayakan semua ini ditangani oleh pihak keamanan dengan baik, untuk menyelesaikan kasus ini secara tuntas.

“Ini harus ditangani dengan ketentuan hukum yang berlaku, agar pelaku yang merupakan penembakan itu segera diproses secara hukum, dan bukan merupakan konflik antaranegeri. Ini ada pelakunya, segera diproses secara hukum,” tegasnya.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button