Pendidikan & KesehatanMaluku

Forum OPD Dikbud Sarana Rembuk Bicarakan Program dan Pelayanan

potretmaluku.id – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Sadali Ie mengapresiasi kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, sebagai sarana rembuk untuk membicarakan program dan pelayanan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Saya memberikan penghargaan kepada Dikbud Maluku, yang telah merancang suatu perencanaan pendidikan yang baik dan berkualitas dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Sadali, saat membuka kegiatan forum dengan tema “Kemantapan Ekonomi yang Inklusif melalui Peningkatan Produktivitas Penguatan SDM serta Peningkatan Mutu, Jangkauan dan Aksebilitas Pelayanan Pendidikan”, di Ambon, Senin (26/03/2022). 

Dengan demikian, kata Sadali, forum ini menjadi wadah untuk merumuskan dan mengimplementasikan visi dan misi pemerintah daerah.

Ia berpesan agar menjadikan kegiatan ini sebagai sarana rembuk, untuk menghasilkan program dan kegiatan tahun 2023, yang mengarah pada pementasan ekonomi yang inklusif melalui peningkatan produktivitas, penguatan SDM serta peningkatan mutu jangkauan dan aksesibilitas pelayanan pendidikan

Menurut Sadali, Dikbud berkewajiban dan berusaha mendorong kemajuan serta pelestarian nilai dan cagar budaya di Maluku, salah satunya mempromosikan cagar budaya Maluku.

“Sebab di tahun ini, pemerintah mengupayakan merevitalisasi dan menata kawasan Istana Mini Banda Naira di Banda, Kabupaten Maluku Tengah,” terangnya.

OPD, lanjut Sadali, harus mengoptimalkan sasaran dan target yang siap dijalankan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Berkaitan dengan itu, kata Sadali, maka penguatan kapasitas dalam pengelolaan pendidikan dan kebudayaan menjadi penting dalam rangka peningkatan manajemen perencanaan.

“Oleh karena itu, forum ini diharapkan menjadi momentum strategis untuk optimalisasi capaian target program pendidikan dan kebudayaan, dalam membangun sinergitas perencanaan antar provinsi dan kabupaten/kota yang teratur, dan berkelanjutan dengan pelaksanaan yang tepat dan terkoordinir serta melalui pengendalian dan pengawasan yang efektif,” tutupnya.

Pelaksanaan kegiatan forum ini, diantaranya adalah dapat menghasilkan program dan kegiatan yang mengarah pada peningkatan capaian dan target RPJMD provinsi Maluku tahun 2019-2024 pada bidang pendidikan dan kebudayaan.

Selain itu, melalui kegiatan ini dilakukan juga sinkronisasi dan sinergitas program pemerintah pusat dan daerah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, melakukan penyempurnaan rencana kerja Dikbud provinsi Maluku dan mendapatkan masukan dari stakeholder dan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan rencana kerja tahun 2023.

Peserta yang mengikuti kegiatan forum yakni 10 Kepala Cabang Dinas, 10 Kepala Seksi, 11 Ketua MKKS SMA, 11 Ketua MKKS SMK dan 1 Ketua MKKS SLB.

Selain dihadiri Kepala Dinas Dikbud Insun Sangadji, kegiatan ini juga diikuti para Kepala Cabang Dinas, Kasi Dikmen dan Diksus. Sementara para perwakilan dari Biro Perencanaan Kemendikbud-Ristek RI, Subdit Urusan Pendidikan Dirjen Bina Bangsa Kemendagri RI, Dikbud/Bappeda dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Maluku, hadir sebagai narasumber.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button