MalukuPolitik

DPRD Maluku Dukung Penuh Pemda Terkait Hibah Dana Pemilu

potretmaluku.id – DPRD Maluku akan memberikan dukungan penuh bagi pemerintah daerah (pemda), guna bersama-sama mengalokasikan hibah kepada penyelenggara dan pengawas pemilihan umum (Pemilu), dalam rangka mengoptimalkan bahkan mendukung penuh agenda nasional dan agenda daerah kedepan.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPRD Maluku, Benhur George Watubun, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/5/2023), menyikapi belum ditetapkannya besaran anggaran Pemilu oleh Pemda Maluku.

“Dalam penetapan anggaran Pemilu, baik Pemda, DPRD, penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu harus rasional,” ujar Benhur yang juga Ketua DPD PDI Maluku ini.

Dirinya yakin bahwa Pemda Maluku pada waktunya, akan menetapkan itu sesuai dengan apa yang pernah mereka tegaskan dalam rapat-rapat sebelumnya bersama DPRD dan juga penyelenggara.

“Jadi kita harus rasional, yang pasti kita akan bersama-sama duduk dengan pemerintah. Karena ini akan diuji dan juga disandingkan dengan kebutuhan belanja kita,” terangnya.

Tetapi pemerintah, kata Benhur, telah menegaskan tentang aturan untuk besaran pengalokasian kepada KPU maupun Bawaslu sehingga nanti kita lihat kebutuhan pemanfaatan.

“Yang pasti kita tidak ingin pesta demokrasi ini gagal,” tandas Benhur.

Dia menyebutkan,  Pemilu di 2024 nanti ada dua, yakni Pemilu yang dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024. Tetapi juga ada pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serempak seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan November 2024.

“Dua konteks ini, DPRD berharap gumulan bersama pemerintah daerah harus seirama, dengan cara pandang yang sama  untuk mendukung seluruh agenda yang ada,” tuturnya.

Benhur berharap sama halnya dengan Pemda, DPRD pun harus memberi dukungan penuh kepada pelaksanaan agenda pemilu.

“Termasuk di dalamnya ada pengawasan dan seluruh prosesnya sehingga semua berlangsung secara sukses,” tutupnya.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button