Amboina

Direktur AMO Diundang Jadi Pemateri di Prancis

potretmaluku.id – Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronny Loppies diundang sebagai pembicara dalam Konfrensi Internasional Pendidikan Seni yang digelar Pemerintah Kota Metz, Perancis pada 1-2 Juni 2023 mendatang.

Loppies mengaku tidak hanya diminta untuk meyampaikan materi tentang pendidikan dan kurikulum musik, namun juga disertai dengan praktik kepada para peserta.

“Pihak Metz tertarik dengan kurikulum musik yang telah diterapkan di 10 sekolah di kota Ambon,” kata Loppies, Selasa (21/3/2023).

Kata dia, melalui berbagai kajian dari berbagai disiplin ilmu, musik diketahui memberikan manfaat penting bagi perkembangan jiwa manusia, baik berkaitan dengan kecerdasan hingga fungsi otak dan perasaan.

Dan karena itu, pendidikan musik yang nanti disampaikan berisi materi teori, seperti teori musik, ilmu harmoni, sejarah musik, dan materi yang bersifat praktis serta mengakui kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat.

Menurutnya, musik tradisional harus diajarkan kepada anak-anak melalui pendidkan musik. “Ini bertujuan mempertahankan kelanjutan dari musik tradisional yang sudah menjadi karakter atau identitas diri komunitas Ambon City of Music (ACoM),” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Loppies, bahan baku musik tradisional yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami sangat penting untuk melihat hubungan musik tradisional dengan lingkungan.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2Next page
Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button