Amboina

Dinas Dukcapil Ambon Cetak 403 Keping e-KTP untuk Pemilih Pemula

potretmaluku.id – Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Hanny M. S. Tamtelahitu mengaku telah mencetak sebanyak 403 keping E-KTP khusus untuk penduduk pemilih pemula, terhitung per 16 Juni 2023.

Sebelumnya, penduduk pemilih pemula Kota Ambon sebanyak 7.239 yang belum miliki e-KTP. Tapi sampai hari ini, sudah 403 keping E-KTP yang telah dicetak.

“Itu berarti masih tersisa 6.836 jiwa. Ini khusus untuk pemilih pemula di Pemilu 2024 mendatang,” kata Hanny, Jumat (16/6/2023).

Menurutnya, Dinas Dukcapil Kota Ambon akan terus melakukan program jemput bola dengan mendatangi warga di tiap-tiap desa/kelurahan yang tersebar di Kota Ambon untuk melakukan perekaman e-KTP.

Pekan kemarin pihaknya melakukan perekaman di Kecamatan Nusaniwe. Disana, tersisa kelurahan Wainitu dan Mangga Dua. Hari ini petugas sedang melakukan hal yang sama di Desa Passo, Kecamatan Baguala.

“Kita menargetkan hingga pemilu 2024 berlangsung nanti, semua warga Kota Ambon termasuk pemilih pemula sudah memiliki e-KTP asli dari Dinas Dukcapil Kota Ambon,” terangnya.

Kata dia, setelah di Kecamatan Baguala selesai, tim selanjutnya akan bergerak ke Kecamatan Teluk Ambon, Leitimur Selatan (Letisel) dan terakhir di Kecamatan Sirimau.

Sasarannya adalah semua warga Kota Ambon yang hingga hari ini belum memiliki e-KTP bisa memiliki kartu identitas diri tersebut.

“Ini memang jadi fokus kita karena kan sebentar lagi kita akan berhadapan dengan Pemilu 2024,” cetusnya.

Selain dekatkan pelayanan ke tingkat desa, Hanny juga mengaku pihaknya membuka pelayanan di kantor Disdukcapil Ambon bagi pemilih pemula yang hendak mengurusi e-KTP.

“Dan per hari itu ada 10 sampai 20 orang pemilih pemula yang datang untuk perekaman di kantor Disdukcapil. Kami layani dengan maksimal,” imbuhnya.

Dia berharap, program jemput bola yang digagas Disdukcapil Ambon bisa mendapat respon positif dari masyarakat setiap desa/kelurahan di Ambon.

“Kami mengharapkan sungguh untuk masyarakat bisa responsif dengan mau datang untuk lakukan perekaman,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button