Amboina

Data Penduduk Jelang Pemilu, Disdukcapil Utamakan Perekaman E-KTP untuk Pemilih Pemula

potretmaluku.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon mulai melakukan pemutakhiran data penduduk dalam rangka menyambut momentum perhelatan Pemilu serentak Tahun 2024.

Pemutakhiran data penduduk itu dilakukan dengan memburu para penduduk pemula yang hingga kini belum tercover secara baik dalam data kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Ambon, Hanny Tamtelahitu mengatakan, pendataan penduduk harus diselesaikan tahun ini, sebeb tahun depan sudah masuk tahun pemilu.

Kata dia, daftar penduduk harus terakomodir, terkhusus untuk penduduk pemula. “Pencetakan E-KTP untuk penduduk pemula diutamakan, pasalnya mereka bakal masuk didalam daftar pemili pemula,” kata Hanny kepada wartawan, Rabu (11/1/2023).

Dia mengaku, Disdukcapil Ambon saat ini sedang gencar mendata penduduk pemula yang usianya telah mencapai 17 Tahun.

Selain untuk pemilih pemula, pendataan juga dilakukan terhadap penduduk yang datanya tidak ada dalam sistim. Untuk melancarkan kerja-kerja tersebut, pihaknya harus bekerjasama dengan perangkat desa.

“Diawal tugas pelayaan tahun 2023 ini, kita akan rapat bersama perangkat desa, karena kita punya tanggungjawab bersama untuk pendataan penduduk,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah penduduk Kota Ambon saat ini sebanyak 352.490. Data ini masih dalam semester tahun 2022 kemarin yang belum dimutakhirkan. Untuk sementara, masih dilakukan pemutakhiran, yang langsung dicover di pusat.

“Jadi hasil validasi data itu akan kita terima langsung dari pusat,” jelasnya.

Terkait dengan pendataan penduduk pemula, Disdukcapil langsung jemput bola dengan melibatkan perintah desa/kelurahan dan negeri, agar masyarakat yang belum mikili KTP itu bisa terlayani.

“Kami berharap bisa pemperoleh data yang riil, karena memang kalau dilihat masyarakat yang belum miliki KTP lumayan banyak,” ungkap Hanny. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button