MalukuPendidikan & Kesehatan

Danlantamal IX Ambon Beri Kuliah Umum di STIA Trinitas Ambon

potretmaluku.id  – Jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada bangsa Indonesia yang notabene sebagai negara maritim, saat ini wajib selalu ditanamkan kepada para generasi muda milenial, yang rentan dengan pengaruh era globalisasi khususnya dari luar negeri.

Sebagai bentuk wujud nyata kepedulian kepada calon pewaris bangsa, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, memberikan kuliah umum kepada 182 orang civitas akademika STIA Trinitas bertempat di aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi atau STIA Trinitas di Kota Ambon, Jumat (04/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Danlantamal IX didampingi oleh Kadisminpers Lantamal IX Letkol Laut (KH) Djoko Heksa Purnomo, Paban Ren Puantahwiltas Spotmar Lantamal IX Letkol Laut (E) Iwan Kusuma, serta Dantim Intel Lantamal IX Letkol Laut (E) Anggit Widhi Cahyono.

Adapun kuliah umum Danlantamal IX kali ini mengambil tema “Nasionalisme dan Patriotisme Bangsa Untuk Pemberdayaan Potensi Kemaritiman Daerah Kepulauan Maluku”. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC dan Pembacaan Doa dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang disampaikan oleh Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Lebih lanjut, saat Kuliah Umum yang disampaikan oleh Danlantamal IX menjelaskan tentang terbentuknya suatu negara Indonesia dan faktor-faktor pengaruh di era globalisasi saat ini yang rentan serta mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Dibutuhkan pola pikir yang sama agar generasi muda dapat mengerti bagaimana cara mengatasi derasnya kebiasaan yang dibawa oleh era gloablisasi, supaya negara tidak banyak terpengaruh dan membuang nilai-nilai yang mengandung jati diri kita sebagai bangsa Indonesia”, tutur Brigjen Said.

Danlantamal IX Ambon juga menyampaikan terkait isu global yang saat ini semakin meningkat bersamaan dengan perubahan pola hidup di masyarakat, mulai menipisnya lapisan ozon akibat pemanasan global yang semakin meningkat.

Terutama di Indonesia, lanjut Brigjen Said, yang dimana posisinya berada di tengah-tengah garis khatulistiwa, adanya perubahan kondisi alam bahkan muncul banyak kejadian kesehatan terkait adanya penyebaran virus Covid-19, dan bahkan sekarang pun masih banyak kasus yang timbul dikarenakan banyak muncul varian baru dari perkembangan virus Covid-19, sehingga berpengaruh juga terhadap perekonomian global.

“Oleh karenanya, kita semua dituntut untuk bisa menjaga ketahanan pangan akibat dampak dari perekonomian global tersebut,” tandasnya.

Menurut dia, sebagai wujud implementasinya, TNI AL khususnya Lantamal IX sudah melaksanakan program ketahanan pangan guna mendukung program pemerintah dengan penanaman sorgum sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras.

Selain itu juga, Brigjen Said juga mengajak kepada mahasiswa sebagai generasi muda, untuk dapat memanfaatkan dan mengolah Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Maluku pada khususnya.

“Maluku adalah wilayah kepulauan, di situlah banyak potensi yang sangat besar untuk sumber daya alamnya, hanya saja sarana dan prasarana untuk mengolah tersebut yang masih kurang,” terangnya.

Untuk memaksimalkan hasil SDA yang melimpah, tambah Brigjen Said, kita semua mengharapkan agar pengolahan SDA yang melimpah tersebut bisa dimaksimalkan untuk memenuhi kebetuhan masyarakat sendiri.

“Apalagi pada sektor maritim dimana nelayan berperan penting sebagai pengolah hasil SDA laut yang melimpah, dan juga mengurangi intensitas pengangguran yang dimana masyarakat bisa mengolah hasil tanpa harus membutuhkan campur tangan dari luar,” pungkasnya.

Setelah penyampaian kuliah umum kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara kuliah tamu, Penyerahan sertifikat penghargaan dari Ketua STIA Trinitas Ambon kepada Danlantamal IX, Penyerahan plakat oleh Danlantamal IX kepada Ketua STIA Trinitas Ambon.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua STIA Trinitas Ambon Ferdinand C Renyut, S.Sos., M.Si., M.M., Pembantu Ketua I Bidang Akademik Dr. Semuel Willem Sipahelut, M.M., Pembantu Ketua II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Montgomery warbL., M.Si., Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bernard Renyut, M.Si., Ketua LPPM, Ketua LPM, Para Kaprodi, Kepala Humas dan Kerjasama, Para Staf Dosen dan Tenaga Kependidikan serta mahasiswa civitas akademika STIA Trinitas Ambon sebanyak 182 orang.(*/ASH)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button